TNI di Mimika Undang Warga Suku Papua Ikuti Acara Bakar Batu

Nathan Making · Kamis, 03 Desember 2020 - 14:45:00 WIT
TNI di Mimika Undang Warga Suku Papua Ikuti Acara Bakar Batu
Prajurit TNI di Mimika menggelar bakar batu di Markas Kogabwilhan Papua. (Foto: iNews/Nathan Making).

TIMIKA, iNews.id - Prajurit TNI di Kabupaten Mimika, Papua, menggelar kegiatan bakar batu di Markas Kogabwilhan III, Jalan Poros SP5 Timika. Kegiatan ini juga mengundang warga Suku Amungme dan Kamoro.

Dandim 1710/Mimika, Letkol Inf Yoga Cahya Prastya mengatakan, dalam acara ini disiapkan 35 ekor ternak babi. Sebanyak 2o ekor babi dari Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan 10 ekor dari Pemerintah Kabupaten Mimika. Serta lima ekor dari Danrem Merauke Brigjen TNI Bangun Nawoko.

"Kegiatan ini perintah dari Bapak Panglima TNI. Kami mengundang masyarakat Suku Amungme dan Kamoro untuk terlibat," kata Letkol Inf Yoga Cahya di Kabupaten Mimika, Papua, Kamis (3/12/2020).

Tradisi ini merupakan kearifan lokal mengawali bulan Desember yang menjadi bulan penuh kasih. Dengan acara ini, diharapkan memasuki awal tahun baru nanti dapat berjalan lancar.

Inspektur Kogabwilhan III, Brigjen TNI Stefanus Mahuri mengatakan, prosesi bakar batu ini menumbuhkan rasa kebersamaan dan kekeluargaan mengawali bulan Desember 2020.

"Bakar batu dan perayaan Natal setiap tahun memiliki makna yang luar biasa dan memiliki relasi yang begitu dekat berupa pesan suka cita, damai pengharapan dan keselamatan," ujarnya.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal