Tower Dirusak KKB, Jaringan Komunikasi di Puncak Papua Terganggu

Antara ยท Selasa, 16 Februari 2021 - 16:20:00 WIT
Tower Dirusak KKB, Jaringan Komunikasi di Puncak Papua Terganggu
Material tower PT Palapa Ring dirusak KKB. (Foto: Antara).

JAYAPURA, iNews.id - Aksi Kelompok kriminal bersenjata (KKB) merusak dan membakar sejumlah material PT Palapa Ring Timur membuat jaringan komunikasi di Kabupaten Puncak, Papua, terganggu. Tower tersebut juga berpotensi roboh saat terkena angin kencang.

Kapolres Puncak, AKBP Dicky Saragih, membenarkan saat ini jaringan komunikasi di Kabupaten Puncak, Papua, agak sulit. Karena kerusakan material pada menara tersebut.

"Komunikasi lebih banyak menggunakan fasilitas milik Pemerintah Kabupaten Puncak. Namun itu pun terbatas kuotanya," kata AKBP Dicky di Kabupaten Puncak, Papua, Selasa (16/2/2021).

Sebelumnya KKB melakukan aksi anarkistis dengan membakar dan merusak material PT Palapa Ring Timur. Insiden ini terjadi di Kabupaten Puncak, Papua, belum lama ini.

Selain membakar material perusahaan tersebut, anggota KKB juga melepas baut-baut yang ada di menara. Kondisi dikhawatirkan menimbulkan masalah, karena saat ada angin kencang tower akan roboh.

"Bila ada angin kencang kemungkinan tower tersebut akan roboh," ujar dia.

Sebelumnya, pada 7 Januari lalu KKB dilaporkan membakar dua base transceiver station (BTS) yakni BTS 4 terletak di perbukitan Pingeli, Distrik Omukia, dan BTS 5, terletak di perbukitan wilayah Muara Distrik Mabuggi, Kabupaten Puncak.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Bagikan Artikel: