Tuding Kapolda Papua di Medsos, Humas KNPB Ingin PBB Turun Tangan

Antara ยท Selasa, 02 Juni 2020 - 13:55 WIT
Tuding Kapolda Papua di Medsos, Humas KNPB Ingin PBB Turun Tangan
Kapolda Papua bersama Pangdam Cenderawasih. (Foto: Antara).

TIMIKA, iNews.id - Aksi humas Komite Nasional Papua Barat (KNPB) menyebarkan berita bohong menghina Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw bertujuan agar dunia internasional mengintervensi masalah di daerah tersebut. Namun tudingan tersebut dipastikan hoaks.

Kasat Reskrim Polres Mimika, AKP M Burhanuddin Yusuf Hanafi mengatakan, pelaku telah mengakui perbuatannya. Dia sengaja mengunggah berita palsu di media sosial agar menjadi sorotan Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB).

"Maksud dan tujuan pelaku menuliskan kata-kata atau gambar di facebook-nya agar solidaritas internasional atau PBB mengetahui konflik yang ada di Papua dan mencarikan solusi terbaik," kata AKP Burhanudin di Kota Timika, Kabupaten Mimika, Papua, Selasa (2/6/2020).

Sebelumnya polisi menangkap dua orang aktivitas KNPB Timika, Kabupaten Mimika, karena diduga telah menghina Kapolda Irjen Pol Pauluw Waterpauw. Salah satu dari pelaku ditembak karena sempat melakukan perlawanan.

Kapolres Mimika, AKBP IGG Era Adhinata, membenarkan pelaku yang ditembak petugas berinisial ST, humas KNPB Timika. Keduanya diamankan di Distrik Kuala Kencana.

"Saat hendak diamankan, ST sempat mencoba melawan petugas dan hendak melarikan diri," kata AKBP Era Adhinata di Timika, Kabupaten Mimika, Papua, Jumat (29/5/2020).

Dalam postingan akun facebook milik 'Wendanax Nggembu' pada 24 Mei 2020, ST menuding Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw sebagai pelaku pembunuhan terhadap dua mahasiswa Papua di Timika.

Kapolda Paulus juga dituding telah membunuh dua tenaga medis Puskesmas Wandai, Distrik Homeo, Kabupaten Intan Jaya. Informasi yang disampaikan mereka dinilai telah menjelek-jelekan seseorang, termasuk instansi Polri.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal