Wabah Covid-19 Merambah hingga ke Tolikara dan Pegunungan Bintang Papua

Antara ยท Rabu, 15 Juli 2020 - 10:55 WIT
Wabah Covid-19 Merambah hingga ke Tolikara dan Pegunungan Bintang Papua
Warga di Kampung Kawe Pegunungan Bintang mendapat sosialisasi penganan Covid-19. (Foto: Antara).

JAYAPURA, iNews.id - Wabah virus corona telah merambah ke dua daerah pedalaman Papua, yakni Kabupaten Tolikara dan Pegunungan Bintang. Penyebabnya diduga karena perjalanan warga lewat jalur tradisional.

Juru bicara Gugus Tugas Covid-19, dr Silwanus Sumule mengatakan, ada lima warga terkonfirmasi positif virus corona di dua daerah tersebut. Empat orang dari Kabupaten Tolikara dan satu asal Pegunungan Bintang.

"Jadi ada 19 kabupaten dan kota yang terjangkit Covid-19. Bertambah lagi dua daerah," kata Silwanus di Kota Jayapura, Papua, Selasa (14/7/2020) malam.

Penyebarannya diduga melalui transmisi lokal. Sebab terjadi aktivitas masyarakat melalui darat. Pemerintah di Kabupaten Tolikara dan Pegunungan Bintang kini sedang melakukan tracing contact.

"Dengan bertambahnya kabupaten yang terjangkit Covid-19, saat ini tercatat 10 kabupaten yang masih dalam zona hijau," ujar dia.

Sepuluh Kabupaten yang masuk dalam zona hijau yakni Kabupaten Nduga, Dogiay, Deiyai, Asmat, Puncak, Paniai, Mamberamo Raya, Intan Jaya, Yahukimo, dan Kabupaten Mappi.

Secara kumulatif jumlah warga yang positif virus corona ada sebanyak 2.353 orang. Adapun 1.172 orang di antaranya dirawat, 1.155 orang sembuh dan 26 orang meninggal.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal