Wagub Papua Barat Minta Warga Tak Sepelekan Protokol Kesehatan

Antara · Sabtu, 31 Oktober 2020 - 12:35:00 WIT
Wagub Papua Barat Minta Warga Tak Sepelekan Protokol Kesehatan
Sosialisasi protokol kesehatan di Papua Barat. (Foto: Antara).

MANOKWARI, iNews.id - Masyarakat di wilayah Papua Barat diminta tidak menyepelekan protokol kesehatan saat beraktivitas di luar rumah. Upaya ini perlu dimaksimalkan untuk mencegah penularan Covid-19.

Wakil Gubernur Papua Barat, Mohamad Lakotani mengatakan, kasus positif Covid-19 di daerahnya terus meningkat. Cara untuk mencegah wabah tersebut kian meluas yakni dengan disiplin protokol kesehatan.

"Ini satu-satunya cara agar kita terhindar dari penularan corona," kata Lakotani di Kabupaten Manokwari, Papua Barat, Jumat (30/10/2020).

Dia mengajak aparatur sipil negara (ASN), TNI dan Polri untuk terus mengedukasi masyarakat. Keterlibatan seluruh pemangku kepentingan sangat dibutuhkan untuk menekan laju peningkatan kasus Covid-19.

Menurut dia, komitmen masyarakat sangat dibutuhkan, mengingat wabah ini merupakan masalah bersama. Virus corona sudah menyebar di berbagai lapisan masyarakat.

"Pejabat tidak sedikit yang sudah kena, di pemerintahan, TNI, Polri. Siapa saja bisa kena, kalau tidak patuh menjalankan protokol kesehatan," ujarnya.

Dia berharap para bupati, wali kota serta pimpinan organisasi perangkat daerah dapat menjadi contoh bagi masyarakat dalam setiap aktivitasnya. Terutama dalam menerapkan protokol kesehatan, terutama memakai masker.

"Pemerintah Provinsi Papua Barat saat ini masih menerapkan kebijakan kerja dari rumah atau work from home. Ini sebagai salah satu cara untuk menekan penularan Covid-19 di lingkungan ASN," katanya.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal