Warga Jayapura Harus Kantongi Izin saat Ingin Gelar Pesta dan Hajatan

Herawati ยท Rabu, 07 Oktober 2020 - 12:35:00 WIT
Warga Jayapura Harus Kantongi Izin saat Ingin Gelar Pesta dan Hajatan
Tim satgas mendatangi warga di Sentani. (Foto: iNews/Herawati).

SENTANI, iNews.id - Masyarakat di Kabupaten Jayapura, Papua, yang hendak membuat kegiatan melibatkan banyak orang, harus mendapatkan izin dari satgas penanganan Covid-19. Tujuannya agar perhelatan acara tersebut dipastikan menerapkan protokol kesehatan.

Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Jayapura, Khairul Lie mengatakan, selama masa pandemi ini, berbagai aktivitas masyarakat memang dibatasi. Termasuk kegiatan-kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan warga.

"Baik perorangan maupun organisasi wajib mengantongi surat izin," ujar Khairul di Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Rabu (7/10/2020).

Rekomendasi ini bertujuan agar setiap masyarakat yang hendak melaksanakan kegiatan itu wajib menerapkan protokol kesehatan. Langkah tersebut untuk mencegah penularan virus corona semakin meluas ke depannya.

"Harus dipastikan tidak bergerombol, lalu ada protokol kesehatan di situ. Jadi kalau dia melanggar ketentuan itu, berarti acara pertemuannya bisa dibubarkan," ujar dia.

Karena itu, harus ada sejumlah fasilitas seperti tempat untuk mencuci tangan termasuk mengatur jarak duduk antara warga yang akan mengikuti kegiatan tersebut.

Setelah mendapat rekomendasi dari Satgas Penanganan Covid-19 Jayapura, pihak penyelenggara acara harus membuat izin keramaian di kepolisian.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal