Warga Terjebak Penutupan Jalan di Yalimo Dilaporkan Mulai Sakit dan Kelaparan

Antara ยท Jumat, 30 Juli 2021 - 18:40:00 WIT
Warga Terjebak Penutupan Jalan di Yalimo Dilaporkan Mulai Sakit dan Kelaparan
Warga yang terjebak penutupan jalan di Yalimo. (Foto: Antara).

YALIMO, iNews.id - Sejumlah warga yang terjebak karena penutupan jalan setelah kerusuhan di Kabupaten Yalimo, Papua, dilaporkan mulai terserang penyakit dan kelaparan. Mereka merupakan para sopir dan kondektur yang melintas di jalan trans Papua.

"Kondisi saudara-saudari kita di sana memprihatinkan. Informasi yang kami dapat, mereka di sana sudah banyak jatuh sakit, kekurangan bahan makanan, tidur tidak layak karena mereka di tenda-tenda saja," kata Ketua Ikatan Keluarga Toraja (IKT) Papua, Edie Rante Tasak, saat dikonfirmasi, Kamis (29/7/2021).

IKT Papua sebelumnya sudah melakukan pertemuan bersama pejabat Polda dan Sekda Papua terkait nasib warga tersebut. Namun tidak ada solusi, sehingga pihak IKT melaporkan ke DPRD Papua, namun belum ada respons dari dewan.

Dandim 1702 Jayawijaya, Letkol Inf Arif Budi Situmeang mengatakan, setelah melakukan koordinasi dengan pemerintah, DPRD dan massa pemalangan jalan, pada hari ini 400 kendaraan yang terjebak akhirnya diizinkan melanjutkan perjalanan.

"Kami melakukan pembukaan ini untuk mengeluarkan 400 kendaraan yang ingin menuju ke Jayapura, termasuk juga dengan pemalangan di ruas jalan yang menuju ke Jayawijaya," katanya.

Dia mengatakan, pemalangan selama satu pekan lebih itu akhirnya dibuka untuk sementara waktu. Namun belum dipastikan akan dipalang kembali atau tidak, karena masih berkomunikasi dengan masyarakat, terutama para tokoh adat.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Bagikan Artikel: