Waspadai Aksi Anarkis, Polri Siagakan 12 SSK Pasukan di Papua dan Papua Barat

Chanry Andrew Suripatty ยท Kamis, 22 Agustus 2019 - 14:00 WIT
Waspadai Aksi Anarkis, Polri Siagakan 12 SSK Pasukan di Papua dan Papua Barat
Pasukan Mabes Polri diterjunkan ke Papua. (Foto: Antara).

SORONG, iNews.id - Mabes Polri menyiagakan 12 Satuan Setingkat Kompi (SSK) untuk mengamankan sejumlah daerah rawan di Provinsi Papua dan Papua Barat. Tujuannya untuk mengantisipasi aksi massa susulan yang bersifat anarkis.

Asisten Operasi Kapolri, Irjen Pol Martuani Sormin, mengakui dalam beberapa hari terakhir situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di kedua daerah tersebut meningkat, bahkan mengarah pada tindakan anarkis.

"Mabes mengerahkan 12 SSK untuk mempertebal pengamanan di dua lokasi tersebut," kata Sormin kepada wartawan saat menghadiri pertemuan antaran Forkopimda dan Tokoh Masyarakat di Papua Barat, Kota Sorong, Rabu (21/8/2019).

Dia mengatakan, aksi anarkis massa di sejumlah daerah Papua dan Papua Barat sudah masuk kategori pelanggaran hukum. Karena itu, kondisi serupa jangan sampai terulang, salah satu upayanya dengan memperketat pasukan pengamanan.

Misal di Kota Manokwari, ada enam SSK, lalu di Sorong terdapat empat SSK dan Kabupaten Fakfak ada satu SSK bersiaga di sana. Rencananya akan kami tambah satu SSK lagi untuk kekuatan pengamanan di Fakfak.

"Sementara untuk di Timika, ada dua SSK diterjunkan. Karena kemarin ada aksi yang mengarah pada tindakan anarkis," ujar dia.

Para pasukan tersebut, kata dia, akan bertugas selama satu pekan ke depan. Namun terkait jangka waktunya tergantung situasi di daerah mereka masing-masing. Apabila sudah dinyatakan aman, pasukan baru ditarik dari Papua dan Papua Barat.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal