Papeda, salah satu makanan khas Asmat Papua yang paling terkenal dan tinggi nutrisi. (Foto: Instagram/emmygo_painting)
Nabila Maulidina

JAKARTA, iNews.id5 makanan khas Asmat Papua terkenal memiliki rasa yang lezat dan menggugah selera. Bahkan, beberapa makanan ini masuk ke dalam hidangan utama bagi suku Asmat Papua, salah satunya sagu

Banyak olahan makanan dari suku tersebut yang berbahan dasar sagu. Adapun 5 Makanan Khas Asmat Papua paling terkenal bisa juga juga Anda cicipi. Hampir setiap hari suku Asmat menggunakan sagu sebagai bahan utama makanan mereka.

Mari kita simak 5 makanan khas Asmat Papua yang paling terkenal dan bisa dicicipi, dirangkum pada Jumat (3/9/2021).

1. Papeda

Urutan pertama ada papeda yang masuk ke dalam 5 makanan khas Asmat Papua. Siapa yang tidak mengenal kuliner khas Papua yang satu ini? Bagi suku Asmat Papua, papeda dianggap sebagai pengganti nasi karena kaya akan serat dan cukup bernutrisi. Papeda biasa dihidangkan dengan beberapa lauk, seperti ikan bakar, sambal, dan kuah bening. Bahan dasar utama pembuatan papeda adalah sagu.

Papeda (Foto: Instagram/emmygo_painting)

2. Sate ulat sagu

Urutan selanjutnya dari 5 makanan khas Asmat Papua yang paling terkenal adalah sate ulat sagu. Sesuai namanya, bahan dasar sate ini ulat sagu atau biasa disebut juga dengan koo. 

Warga Papua meyakini sate ulat sagu sebagai makanan bergizi. Ulat sagu memiliki banyak protein yang cukup tinggi. Biasanya ulat sagu didapat dari batang pohon sagu dan diolah dengan cara dibakar. Apakah kalian berminat untuk mencoba kuliner yang satu ini?

Sate ulat sagu (Foto: Instagram/tempatwisataunik)

3. Sagu lempeng

Sagu lempeng termasuk dalam 5 makanan khas Asmat Papua yang paling terkenal. Makanan khas Papua yang satu ini memiliki cita rasa yang gurih dan manis.

Bubur sagu lempeng (Foto: Instagram/rabbit.inthekitchen)

Sagu lempeng terbuat dari tepung sagu yang dipadatkan melalui proses pembakaran. Setelah itu, sagu dicampur dengan kelapa parut atau gula merah sehingga menciptakan rasa gurih dan manis. Sagu lempeng termasuk camilan yang sangat disukai oleh warga suku Asmat Papua.

Sagu lempeng (Foto: Istimewa)

4. Aunu senebre

Kuliner yang satu ini pasti terdengar sangat asing di telinga kalian? Nah, aunu senebre adalah makanan khas Papua yang dibuat dari bahan dasar ikan teri yang dicampur dengan irisan daun talas. 

Makanan ini memiliki tekstur yang tidak kering. Aunu senebre memiliki cita rasa yang gurih. Biasanya, kuliner yang satu ini dihidangkan dan dimakan bersama papeda. 

Aunu senebre (Foto: Instagram/indonesia360net/plimbi.com)

5. Kue lontar

Salah satu dari 5 makanan khas Asmat Papua lainnya adalah kue lontar. Hidangan yang satu ini tidak menggunakan bahan dasar sagu seperti makanan khas Papua lainnya. Kue lontar yang dulunya dibawa oleh orang-orang Belanda, dikenal juga sebagai pie susu khas Papua.

Kue lontar (Foto: Instagram/ifahkulineran)

Editor : Maria Christina

BERITA TERKAIT