Apolo Safanpo yang baru dilantik menjadi Penjabat Gubernur Papua Selatan. (Foto : iNews/Raka Dwi N)
Raka Dwi Novianto

JAKARTA, iNews.id - Apolo Safanpo resmi dilantik sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Papua Selatan. Seusai dilantik, dia mengaku bakal mengejar ketertinggalan untuk dapat menyejahterakan masyarakatnya.

"Semoga ini menjadi awal yang baik untuk kita bangun Papua Selatan lebih maju, mengejar ketertinggalan dan pada akhirnya menuju tujuan menyejahterakan masyarakat," ujar Apolo seusai pelantikan di Gedung Kemendagri, Jakarta, Jumat (11/11/2022).

Apolo nantinya akan berfokus pada pembangunan sumber daya manusia (SDM). Hal tersebut, sesuai arahan dari Presiden Joko Widodo untuk mengutamakan pembangunan SDM.

"Kami mulai dengan pembangunan manusia karena itu sudah sesuai dengan visi misi Bapak Presiden dan juga program prioritas Bapak Presiden pada periode kedua ini. Beliau lebih mengutamakan pembangunan SDM yang akan meliputi pendidikan, kesehatan, perekonomian dan seterusnya," katanya.

Apolo mengaku bersyukur atas dipilihnya oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian sebagai Pj Gubernur Papua Selatan.

"Kami mengucap puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa karena keinginan dan harapan masyarakat untuk memiliki provinsi sendiri di wilayah selatan hari ini terwujud dengan diresmikannya secara de facto oleh Bapak Menteri Dalam Negeri atas nama Presiden Republik Indonesia," katanya.

"Jadi tentu seluruh masyarakat di wilayah selatan Papua kami merasa bersyukur, berterima kasih," ucapnya.


Editor : Donald Karouw

BERITA TERKAIT