Tim SAR mengevakuasi 11 ABK KM Bulu Saraung yang karam di sekitar muara Sungai Maro, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua, Rabu (6/7/2022). (FOTO : ANTARA/SAR Merauke)
Antara

JAYAPURA, iNews.id - KM Bulu Saraung karam di sekitar muara Sungai Maro, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua, Rabu (6/7/2022). Selurun anak buah kapal (ABK) berjumlah 11 orang dievakuasi selamat petugas SAR gabungan.

Kepala SAR Merauke Supriyanto Ridwan mengakui, insiden kapal karam ini terjadi di sekitar muara Sungai Maro, berjarak 11 kilometer dari Kantor SAR Merauke.

Dia menjelaskan, kecelakaan kapal pertama kali dilaporkan ke petugas siaga pada pukul 03.40 WIT dan langsung direspons dengan meluncurkan satu Rigid Inflatable Boat (RIB) berisi tim penolong berjumlah empat orang untuk upaya pertolongan.

Kondisi KM Bulu Saraung saat itu sudah tinggal setengah badan karena sebagian telah terendam air akibat kapal bocor. Saat tim SAR tiba, seluruh ABK sudah mengamankan diri dengan naik ke atas atap.

"Air sedang surut sehingga cukup menyulitkan proses evakuasi karena takut RIB SAR juga kandas," katanya, Rabu (6/7/2022).

Menurut keterangan nakhoda, terungkap awalnya kapal sudah akan masuk ke dermaga. Mereka mencari ikan sejak tanggal 28 Juni lalu.

Namun, Selasa malam (5/7/2022) pukul 23.00 WIT karena cuaca gelap dan sedikit mendung, nakhoda memerintahkan satu ABK untuk melihat kondisi jalur masuk ke Sungai Maro dari luar kapal.

"Tiba-tiba kapal sudah kandas akibat dangkalnya jalur yang dilewati kapal tersebut. Walaupun sudah berusaha mundur tapi sulit dan akhirnya kapal bocor hingga menyebabkan air masuk memenuhi kapal," katanya.

Ketika insiden terjadi KM Lati Mojong 5 berada dekat KM Bulu Saraung sehingga meminta bantuan, namun tidak berani mendekat karena takut mengalami hal serupa.


Editor : Donald Karouw

BERITA TERKAIT