Para pelajar menampilkan tarian adat pada pembukaan KMAN VI Tahun 2022 di Stadion Barnabas Youwe, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, Senin (24/10/2022). (ANTARA/Ardiles Leloltery)
Antara

JAYAPURA, iNews.id - Kongres Masyarakat Adat Nusantara VI Tahun 2022 berlangsung di Stadion Barnabas Youwe Sentani, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, Senin (24/10/2022). Kegiatan ini dibuka dengan penampilan tarian kolosal yang dilakukan 250 siswa.

Tarian adat ini menceritakan aktivitas dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Papua, khususnya di wilayah Adat Tabi. Seperti memangkur sagu, mencari ikan, berkebun, mendayung perahu dan merajut noken.

Acara ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Jenderal Aliansi Masyarakat Adat Nusantara Rukka Sombolinggi.

Bupati Jayapura Mathius Awoitauw mengatakan, pembukaan KMAN VI dilaksanakan bersamaan dengan Festival Danau Sentani, yang bertepatan dengan ulang tahun Kebangkitan Masyarakat Adat di Kabupaten Jayapura.

"KMAN VI di Kabupaten Jayapura melibatkan seluruh masyarakat adat Nusantara, dari Sabang sampai Merauke," katanya.

Menurutnya, sekitar 2.500 anggota masyarakat adat dari berbagai daerah di Indonesia menghadiri KMAN VI yang berlangsung 24 sampai 30 Oktober 2022 di Kota dan Kabupaten Jayapura.

"Kami mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga keamanan selama KMAN berlangsung," kata Bupati.


Editor : Donald Karouw

BERITA TERKAIT