KSAL Laksamana TNI Yudo Margono meresmikan KRI Teluk Calang-524 di JICT 2 Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (8/8/2022). (Foto: Dok. TNI ).
Kurnia Illahi

JAKARTA, iNews.id - Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono meresmikan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) jenis angkut tank (AT)-7 KRI Teluk Calang-524. Peresmian dilaksanakan di Jakarta Internasional Container Terminal (JICT) 2 Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (8/8/2022). 

Pada kesempatan itu juga dilakukan pengukuhan terhadap Letkol Laut (P) Bagus Waluya sebagai Komandan KRI Teluk Calang-524. Bagus merupakan alumni Akademi Angkatan Laut (AAL) ke 47.

Prosesi serah terima kapal dilakukan dari Direktur Utama PT. Daya Radar Utama (DRU) John Wijanarko kepada Kepala Dinas Pengadaan TNI Angkatan Laut (Kadisadal) Laksamana Pertama TNI Maman Rohman. 

Kadisadal kemudian menyerahkan kepada Asisten Logistik (Aslog) KSAL Laksamana Muda TNI Puguh Santoso. Selanjutnya, Aslog Kasal menyerahkan kepada Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil) Laksamana Muda TNI Agus Hariadi.  

Laksamana Yudo menyampaikan, KRI Teluk Calang-524 merupakan kapal ketujuh dari kelas Teluk Bintuni. Penamaan Teluk Calang, kata dia diambil dari nama teluk di Aceh Jaya, Nanggroe Aceh Darussalam. 

"Sejak hari ini KRI Teluk Calang-524 secara resmi masuk dalam jajaran TNI Angkatan Laut dan selanjutnya akan ditugaskan untuk memperkuat Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) 1 Jakarta," ujar Yudo dikutip dari laman TNI, Selasa (9/8/2022). 

Dia menuturkan, pembangunan kapal ini memiliki dua makna penting. Pertama, lanjut dia merupakan bagian dari perencanaan pembangunan kekuatan TNI AL sekaligus realisasi dari program prioritas pimpinan TNI Angkatan Laut, yaitu modernisasi alat utama sistem senjata (alutsista) serta upaya pemenuhan kebutuhan alutsista TNI AL. 

Menurutnya, makna kedua yaitu pembangunan kapal di galangan dalam negeri sebagai wujud dari komitmen pimpinan TNI AL untuk mendukung dan menyukseskan program pemerintah dalam peningkatan penggunaan produksi dalam negeri serta kemandirian industri pertahanan sebagaimana selalu ditekankan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Semoga tekad, komitmen dan upaya kita bersama dapat terus meningkatkan kapasitas dan kapabilitas industri pertahanan dalam negeri, khususnya industri pertahanan matra laut," ucapnya.

Acara peresmian ini juga dihadiri anggota Komisi I DPR RI Nurul Arifin, Ketum Jalasenastri Ny Vero Yudo Margono, Pangkotama TNI AL Wilayah Jakarta dan para pejabat lainnya. 

KRI Teluk Calang-524 memiliki panjang 120 meter, lebar 18 meter, draft 3 meter (full load) dengan bobot 4.508 ton. Kapal tersebut memiliki kecepatan maksimum 16 knots, kecepatan jelajah 14,8 knots dan kecepatan ekonomis 13,6 knots. 

Kapal ini memiliki kemampuan jelajah mencapai 7.200 nautical miles, serta dilengkapi persenjataan 2 x Mer 40 mm dan 2 x Mer 12,7 mm. KRI Teluk Calang-524 dapat mengangkut 10 unit tank leopard, 1 unit panser 2 AVBL, 1 unit transporter, dan 2 unit helikopter. 

Kapal ini  bisa menampung 361 prajurit, 120 personel anak buah kapal (ABK) dan 6 kru Helly. 

KRI Teluk Calang-524 merupakan Kapal Angkut Tank yang dipesan oleh TNI Angkatan Laut di Galangan PT. Daya Radar Utama (DRU) Lampung. Dua unit kapal dengan jenis yang sama yakni KRI Teluk Youtefa-522 dan KRI Teluk Palu-523 sebelumnya telah diresmikan dan saat ini telah bertugas di Kolinlamil.  


Editor : Kurnia Illahi

BERITA TERKAIT