Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD. (Foto: Istimewa).
Antara, Martin Ronaldo

JAKARTA, iNews.id - Situasi keamanan di Papua secara umum dinilai kondusif. Kekerasan yang dilakukan kelompok kriminal bersenjata (KKB) hanya terjadi di sedikit lokasi dan tidak merepresentasikan keadaan Papua.

Pernyataan itu disampaikan oleh Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD dalam pemaparan media secara daring bersama Kantor Staf Presiden (KSP) di Jakarta, Kamis (21/7/2022).

“Tindakan kriminal dan kekerasan hanya terjadi di Pegunungan Tengah dan beberapa tempat. Kalau saudara ke Manokwari, Jayapura, ke selatan, semuanya kondusif. Jadi secara umum kondusif, yang ada gangguan KKB di tempat tertentu,” ujar Mahfud.

Dia menuturkan, KKB di wilayah Papua merupakan musuh rakyat. Dia memastikan, pemerintah akan terus menindak tegas kelompok yang mengarah kepada disintegrasi tersebut.

"Pemerintah akan tegas memburu dan menindak mereka yang menamakan diri sebagai KKB. Musuh kita, musuh rakyat bukan Papua, tetapi KKB yang ada di Papua," tuturnya.

Menurutnya, KKB tidak merepresentasikan Papua. Masyarakat Papua, lanjut dia merupakan orang-orang yang beradab.

“Papua ini terdiri dari orang orang yang jauh lebih beradab karena tanah Papua ini tidak bisa diwakili oleh KKB,” tuturnya.

Dia menjelaskan, pemerintah menerapkan pendekatan kesejahteraan untuk membangun Papua. Selain itu, pemerintah juga tidak melakukan operasi militer di Papua, melainkan melakukan penindakan tegas untuk menjamin keamanan masyarakat dan menegakkan hukum sesuai perundang-undangan.


Editor : Kurnia Illahi

BERITA TERKAIT