Danau Habema, danau tertinggi di Indonesia di Kabupaten Jayawijaya, Papua atau kini menjadi Provinsi Papua Pegunungan. (Foto : Instagram/ alenia259)
Antara

JAKARTA, iNews.id - Danau Habema merupakan sebuah danau yang terletak di Kaki Gunung Trikora, Kabupaten Jayawijaya, Papua. Berdasarkan RUU Daerah Otonomi Baru (DOB) wilayah ini menjadi bagian dari provinsi baru yang diberi nama Papua Pegunungan dengan Jayawijaya sebagai ibu kotanya.

Danau ini merupakan salah satu yang tertinggi di Indonesia. Oleh masyarakat Dani, suku Jayawijaya, danau tersebut dianggap sebagai tempat keramat yang jadi sumber kesuburan dan kehidupan

Bahkan dengan keindahannya, Presiden Joko Widodo pernah mengendarai motor trail melintasi jalur Danau Habema yang juga dikenal sebagai danau di atas awan.

Seorang ilmuwan Universitas Cenderawasih Marinus Yaung mengatakan, pemerintah mungkin harus merogoh saku yang cukup dalam untuk menunjang pembangunan di provinsi baru Papua Pegunungan. Akan tetapi, hasil akhir yang menanti sangatlah menjanjikan, terlebih untuk menjadi salah satu sumber devisa negara.

Menurut Yaung, ketika infrastruktur penunjang transportasi telah dibangun dengan sempurna di Papua Pegunungan, para wisatawan akan dimanjakan pemandangan yang menyerupai keindahan Pegunungan Alpen di Swiss ketika melalui jalur darat.

Tak cukup sampai di sana, dia dengan semangat mengisahkan tentang Danau Habema seluas 224,35 hektare. Danau itu dia yakini merupakan peninggalan masa purba.

Alih-alih tawar, danau itu justru memiliki air asin dan terdapat beragam fauna yang ada di sana. Bahkan disebutnya kehadiran danau itu bukti pada zaman Nabi Nuh, air bah benar-benar terjadi dan menutupi hingga ke wilayah atas.

Hal mengingat lokasi danau ini yang berada di ketinggian 3.225 meter dari permukaan laut, hampir setinggi puncak Gunung Semeru di Pulau Jawa yang mencapai 3.676 mdpl.

“Ini menjadi jejak bahwa memang air bah itu ada,” ujarnya, Sabtu (9/7/2022).

Akan tetapi, tanpa akses yang mudah dan pemasaran andal, dunia tidak akan pernah mengetahui betapa cantiknya Danau Habema. Apalagi mengetahui kisah menarik yang diyakini sebagai latar belakang dari hadirnya danau tersebut.

Danau Habema tidak hanya memiliki pemandangan, tetapi juga nilai historis yang sangat mendalam sehingga nilai jualnya begitu tinggi dan akan sangat disayangkan apabila tidak dimaksimalkan.

Oleh karena itu, dia berharap pembangunan infrastruktur dapat menunjang kemudahan akses wisatawan menuju Danau Habema.

Diketahui, Provinsi Papua Pegunungan lahir pada 30 Juni 2022 melalui Rapat Paripurna ke-26 masa persidangan V tahun sidang 2021-2022 yang menyetujui tiga RUU tentang DOB Papua. Provinsi ini menjadi satu-satunya di Indonesia yang tidak memiliki batas laut

Dalam RUU DOB tersebut, Papua Pegunungan terdiri atas delapan kabupaten yakni Jayawijaya sebagai ibu kota provinsi, Pegunungan Bintang, Yahukimo, Tolikara, Mamberamo Tengah, Yalimo, Lanny Jaya dan Nduga.


Editor : Donald Karouw

BERITA TERKAIT