Petugas saat menertibkan pendulang emas nonkaryawan di area PT Freeport di Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua. (Foto: Humas Polri)
Donald Karouw

MIMIKA, iNews.id - Pendulang emas nonkaryawan di area PT Freeport Indonesia ditertibkan petugas gabungan dan pihak keamanaan perusahaan setempat. Selain itu berbagai alat yang digunakan untuk mendulang emas dimusnahkan petugas.

Kapolsek Tembagapura AKP Ahmad Dahkan mengatakan, penertiban dilakukan personel gabungan TNI dan Polri serta securiti PT Freeport Indonesia. Lokasi sasaran yakni area Land Vile mile 73 Distrik Tembagapura, Kamis (19/5/2022).

Dalam arahannya, Kapolsek meminta personel yang bertugas agar menjaga keselamatan dan bergerak dalam ikatan per peleton.

"Beri imbauan kepada pendulang dengan persuasif dan humanis karena mereka warga kita juga," ujarnya, Kamis (19/5/2022).

Dia menambahkan, operasi ini dilakukan tanpa menggunakan senjata. Sebab mereka pasti sudah tahu ada kegiatan penertiban dari keamanan.

Kapolsek mengungkapkan, dalam kegiatan ini melibatkan sebanyak 57 orang, terdiri atas personel Polsek, Koramil, Satgaspam dan security PT Freeport.

“Selain dari nonkaryawan, juga terhadap alat-alat yang digunakan untuk mendulang seperti tali, karung, sekop, embet dan lain-lain kami ambil lalu kumpulkan di satu tempat dan dihancurkan menggunakan alat berat sehingga mereka tidak bisa gunakan alat tersebut lagi,” ujar Dahlan.


Editor : Donald Karouw

BERITA TERKAIT