Satgas Damai Cartenz menyiapkan evakuasi 8 warga sipil tewas ditembak KKB di Beoga, Puncak. (Foto: Ilustrasi/Okezone).
Antara

JAYAPURA, iNews.id - Satgas Damai Cartenz menyiapkan evakuasi delapan warga sipil yang tewas ditembak Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua. Ada beberapa skenario evakuasi yang disiapkan.

"Ada beberapa skenario yang saat ini sedang kami siapkan untuk rencana proses evakuasi. Jika benar terdapat delapan orang korban berarti akan ada mobilisasi evakuasi dan juga pengerahan personel nantinya dan berupaya berkomunikasi dengan korban selamat," ujar Kepala Operasi Satgas Damai Cartenz, Kombes Muhammad Firman dihubungi dari Jayapura, Sabtu (5/3/2022).

Dia mengatakan, dirinya bersama tim telah tiba di Timika. Dengan bantuan Kapolda Papua, Satgas Damai Cartenz berkoordinasi dengan Bupati Kabupaten Puncak untuk menyisir lokasi.

Menurutnya, tim Satgas Damai Cartenz sedang berusaha mengetahui kebenaran korban yang disebutkan tewas diserang KKB itu.

Selain itu ada kendala cuaca dan lokasi yang hanya bisa dijangkau dengan transportasi udara.

"Saat ini kami fokus proses evakuasi delapan karyawan PT PTT yang meninggal akibat diserang KKB di Beoga," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya penyerangan itu terjadi pada Rabu (2/3/2022) saat pekerja PT Palapa Timur Telematika (PTT) ditugasi memperbaiki BTS3 Telkomsel di titik CO 53M 756085 9585257.

Delapan orang tewas dan satu selamat. Korban tewas adalah empat karyawan PT PTT, tiga karyawan kontraktor, dan satu pemandu lokal.

Satu-satunya korban selamat adalah karyawan PT PTT yang saat itu sedang tidak berada di kamp.


Editor : Reza Yunanto

BERITA TERKAIT