Kapolres Merauke AKBP Sandi Sultan. (Foto : Humas Polda Papua)
Donald Karouw

MERAUKE, iNews.id  – AKBP Sandi Sultan belum lama ini mendapat amanah baru sebagai Kapolres Merauke. Perwira Polri ini menggantikan AKBP Untung Sangaji yang kini berdinas di Polda Papua.

Kendati baru bertugas di Merauke, Namun sebenarnya AKBP Sandi sudah malang melintas berdinas di Tanah Papua. Dia pertama kali di ke Papua saat menjadi Satgas Nemangkawi di wilayah Timika, Puncak, Puncak Jaya dan Nduga.

Kemudian pada tahun 2020, bertugas sebagai Kasubdit di Direktorat Intelkam Polda Papua. Lalu menjadi Kapolres Intan Jaya dan sekarang dipercayakan pimpinan Polri menjabat Kapolres Merauke.

"Itu semua atas kehendak Tuhan Yang Maha kuasa,” ujarnya, Kamis (21/7/2022).

AKBP Sandi lahir dan besar di Makassar. Dia mengikuti seleksi Akabri tahun 1997 satu kali tes langsung lulus di Akademi Kepolisian .

Setelah lulus Akpol, langsung ditugaskan di Daerah Posso pada satuan pelopor Brimob Polri. Kemudian menjadi Kabag Ops dua kali, Wakapolres, Biro log Mabes Polri, Baharkam Polri, Paur Ops pelopor sejabetabek.

"Saya pernah pernah bertugas di Kalimantan, Jakarta, Ambon dan Papua,” katanya.

Menurutnya, seluruh tugasnya di Polri dapat bekerja dengan baik berkat dukungan dari seluruh masyarakat, tokoh-tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama, unsur TNI dan pemerintah daerah.

“Sewaktu pengungkapan kasus pembunuhan pendeta di Kabupaten Intan Jaya, saya dapat tanggani hingga tuntas sehingga saya mendapat apresiasi dan penghargaan langsung dari Menkopolhukam Mahmud MD,” ucapnya.

Dia menilai Tanah Papua masa depan Indonesia. Papua surga kecil yang turun dari langit. Sudah saatnya Tanah Papua maju.

"Harapan saya bertugas di Merauke, semua anggota Polri dapat melayani masyarakat dengan profesional, baik dan dengan hati,” katanya.


Editor : Donald Karouw

BERITA TERKAIT