Prada Beryl Kholif Al Rohman, prajurit raider TNI putra terbaik Kediri yang gugur dalam tugas ditembak KKB di Kiwirol, Pegunungan Bintang, Papua. (Foto: Ist)
Omega Batkorumbawa

JAYAPURA, iNews.id - TNI kembali berduka. Salah satu prajurit terbaiknya gugur dalam kontak tembak dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, Rabu (29/6/2022).

Prajurit yang gugur bernama Prada Beryl Kholif Al Rohman, anggota peleton III Kipan A Yonif Para Raider 431/Satria Setia Perkasa (SSP) yang bermarkas di Kariango, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Unit ini merupakan salah satu pasukan elite Divisi 3 Kostrad yang berkualifikasi Para Raider untuk memburu KKB Lamek Taplo.

Saat kontak senjata, Prada Beryl Kholif terkena tembakan di bagian paha hingga kehabisan darah. Peristiwa ini terjadi saat KKB Ngalum Kupel kelompok Lamek Taplo menyerang Posramil Kiwirok Satgas Kodim Yonif PR 431/SSP.

"Benar pada hari Rabu (29/6/2022) pukul 15.30 WIT, bertempat di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, telah terjadi penembakan oleh KST Ngalum Kupel," ujar Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Kav Herman Taryaman di Papua, Rabu (29/6/2022).

Almarhum Prada Beryl Kholif Al Rohman merupakan salah satu putra terbaik asal Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Saat ini, TNI sedang melakukan proses evakuasi jenazah untuk membawanya pulang ke rumah duka di kampung halaman.

Diketahui Batalyon Infanteri Para Raider atau Yonif PR 431/SSP dikenal dengan nama Batalyon Infanteri 1 Brigif 3 Lintas Udara Kopassus. Pasukan ini sebelumnya merupakan bagian dari Grup 3 Kopassandha dengan nama Detasemen Tempur 31 untuk mengantispasi wilayah Indonesia bagian Timur.

Nomor pengenal 431 merupakan warisan dari Batalyon 431 yang berkedududkan di Slawi, Tegal, Jawa Tengah pada tahun 1963 sesudah melaksanakan operasi Trikora di Irian Jaya (Papua).

Namun pada 9 Desember 1986, Batalyon Infanteri 1 Brigif 3 Linud Kopassus dialih status menjadi Brigif Linud 3/Kostrad.  Alih status dipimpin KSAD Jenderal TNI Try Sutrisno sehingga Batalyon Infanteri 1 Brigif 3 Linud Kopassus beralih menjadi Batalyon Infanteri Lintas Udara 431/Satria Setia Perkasa.

Usai alih status ada sejumlah anggota pasukan ini ditempatkan di satuan-satuan infanteri baik di Kostrad maupun Kodam-Kodam. Pasukan ini pun banyak diterjunkan di medan penugasan baik di Timor-Timor maupun Irian Jaya dengan hasil yang gemilang.

Bahkan pasukan ini pun menorehkan keberhasilan dalam medan operasi di Nanggroe Aceh Darusalam pada 2002-2003.  Saat ini Pasukan Para Raider 431/SSP bertugas di Papua BKO Kodam XVII/Cenderawasih sebagai Satuan Tugas Pamtas Mobile.


Editor : Donald Karouw

BERITA TERKAIT