Tradisi pedang pora saat pisah sambut pejabat Kapolres Merauke. (Foto : Humas Polda Papua)
Donald Karouw

MERAUKE, iNews.id – Tradisi pedang pora dan jajar hormat mewarnai pisah sambut Kapolres lama dan baru di Polres Merauke. Kapolres Merauke AKBP Untung Sangaji pindah tugas ke Polda Papua, jabatannya akan digantikan AKBP Sandi Sultan.

Proses penyambutan dan pengantaran pejabat Kapolres Merauke ini berlangsung penuh haru, Kamis (14/7/2022). Kegiatan ini dihadiri seluruh pejabat Polres Merauke, personel, Bhayangkari, insan pers dan mama-mama Papua.

Dalam kesempatan tersebut, pejabat baru AKBP Sandi Sultan memuji sosok AKBP Untung Sangaji yang sangat baik dalam berdinas. 

"Beliau senior saya yang sama-sama bertugas di daerah konflik di Poso. Beliau sangat kreaktif, dekat dengan masyarakat dan selalu memberikan warna yang terbaik demi citra Polri di masyarakat," ujar Sandi, Kamis (14/7/2022).

Sebagai Kapolres Merauke yang baru, Sandi menegaskan siap untuk bertugas memberikan pelayanan ke masyarakat serta menjaga kamtibmas.

“Saya akan meneruskan segala ide kreaktif yang sudah dilaksanakan pejabat Kapolres Merauke yang lama. Bila perlu ditingkatkan, selama itu baik, tetap akan kita dukung,” katanya.

Sementara pejabat Kapolres Merauke yang lama AKBP Untung Sangaji dalam kesempatan tersebut memohon diri untuk pamit.

"Saya mohon diri. Saya sudah bekerja selama 1 tahun 8 bulan di Merauke. Sudah saatnya junior saya datang untuk menggantikan saya. Atas nama pribadi, keluarga dan komando, saya mengucapkan terima kasih kepada semua Forkopimda, seluruh masyarakat, para jurnalis, mohon maaf atas lebih dan kurangnya saya selama menjabat," ucap Untung Sangaji.

Kendati sudah tak menjadi Kapolres Merauke, AKBP Ungung Sangaji tetap akan membuat program untuk kebaikan masyarakat Papua.

"Saya selalu akan membuat program-program yang baru lagi untuk saudara saya di Jayapura. Karena berbagi kepada sesama adalah amanah Tuhan, terus akan saya lanjutkan, saya akan tetap rindu dan sayang semua basudara di Merauke," ucapnya.


Editor : Donald Karouw

BERITA TERKAIT