1 Dokter dan 2 Perawat di Papua Barat Positif Covid-19

Antara ยท Senin, 01 Juni 2020 - 20:10 WIB
1 Dokter dan 2 Perawat di Papua Barat Positif Covid-19
Ilustrasi tenaga medis yang menangani pasien Covid-19. (Foto: Sindonews)

SORONG, iNews.id - Tiga tenaga medis di Provinsi Papua Barat terinfeksi virus corona atau Covid-19. Satu di antaranya dokter dan dua lainnya perawat. Ketiganya berasal dari kecamatan berbeda.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Papua Barat, Arnoldus Tiniap mengatakan, berdasarkan informasi yang diperoleh dari pemerintah daerah, dokter yang terpapar Covid-19 itu di Kota Sorong. Pasien terinfeksi dalam perjalanan.

"Dokter di Kota Sorong tersebut terpapar virus corona saat melakukan perjalanan, bukan pada saat melakukan aktivitas menangani pasien," kata Arnoldus saat konferensi pers online di Manokwari, Senin (1/6/2020).

Selain dokter, ada satu tenaga perawat di Kabupaten Sorong dan satu tenaga medis di Dinas Kesehatan Kabupaten Raja Ampat yang positif Covid-19. Untuk kasus perawat di Kabupaten Raja Ampat, dinyatakan terpapar virus corona saat melakukan perjalanan.

"Sedangkan tenaga perawat di Kabupaten Sorong belum ada informasi dari daerah tersebut, apakah dia terpapar virus corona karena perjalanan atau saat melayani pasien," ujarnya.

Dia menambahkan, total pasien positif Covid-19 di Papua Barat hingga 1 Juni 2020 berjumlah 168 orang. Dia mengharapkan masyarakat semakin meningkatkan kewaspadaan dengan menerapkan protokol pencegahan Covid-19.

"Kurangi keluar rumah jika tidak ada keperluan penting. Gunakan masker saat di luar rumah, rajin mencuci tangan, serta terapkan pola hidup sehat demi melindungi diri dan keluarga," kata Arnoldus.


Editor : Maria Christina