10 Hewan Endemik Indonesia, Nomor 3 Saking Indahnya hingga Disebut Turun dari Surga

Silfia Rahmah Harahap ยท Rabu, 21 September 2022 - 15:54:00 WIT
10 Hewan Endemik Indonesia, Nomor 3 Saking Indahnya hingga Disebut Turun dari Surga
Hewan endemik Indonesia, salah satunya burung cenderawasih. (Foto: Instagram @hesco_la_hisa).

6. Monyet Bekantan

Merupakan hewan yang berasal dari pulau Kalimantan. Jika dilihat bentuknya monyet ini tidak asing karena dengan ciri khasnya orang menjadi mudah untuk mengingat hidungnya yang besar. 

Hewan yang satu ini memiliki julukan monyet belanda oleh penduduk setempat. Monyet ini mempunyai kebiasaan berbeda dari monyet lain yang biasanya membuat sarang untuk tempat tinggal. Bekantan ini lebih sering hidup di tempat seperti di tepi sungai.  

7. Tarsius

Hewan ini dikenal dengan monyet kecil atau tangkasi. Banyak masyarakat yang belum terlalu mengenal hewan ini, bahkan terkadang dikira sebagai tikus karena mempunyai ekor panjang. 

Namun, keberadaan Tarsius ini sebenarnya sangat dibutuhkan untuk menjaga ekosistem karena hewan ini memakan serangga yang menjadi hama bagi petani.

8. Monyet Kedih

Merupakan hewan yang berasal dari Pulau Sumatera Utara. Hewan endemik Indonesia ini termasuk hewan yang cukup pemalu, sehingga mereka lebih sering dijumpai hidup berkelompok, yaitu 10 ekor dalam satu kawanan. 

Hal yang unik dari monyet ini, mereka memiliki suara vokal kuat dari masing-masing kelompoknya sehingga dapat mempermudah mereka untuk mengenali kawanannya.

9. Macan Tutul Jawa

Hewan buas yang lebih dikenal dengan nama macam kumbang ini banyak ditemui di hutan tropis pulau Jawa. Jika dilihat dengan macan tutul lainnya, macan tutul jawa memiliki ukuran yang lebih kecil dan memiliki indra penglihatan serta penciuman yang tajam.

10. Kukang Jawa

Hewan ini dapat ditemukan di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Kukang merupakan hewan yang hidup secara nokturnal, mereka mempunyai ciri khas terdapat kelenjar racun pada bawah ketiaknya yang digunakan sebagai pertahanan dari lawan yang ingin memangsanya. 

Itulah pemaparan seputar hewan endemik Indonesia dengan segala macam keunikan yang dimilikinya. Hewan-hewan endemik di atas ada beberapa yang sudah terancam punah sehingga pemerintah Indonesia membuat kebijakan untuk melakukan pelestarian dan memasukkan hewan tersebut ke daftar hewan yang dilindungi. 

Editor : Kurnia Illahi

Bagikan Artikel: