2 BUMN di Mimika Jadi Klaster Baru Penularan Covid-19

Antara ยท Rabu, 09 September 2020 - 09:45:00 WIT
2 BUMN di Mimika Jadi Klaster Baru Penularan Covid-19
RS Tembagapura di Mimika. (Foto: Istimewa).

TIMIKA, iNews.id - Dua BUMN yang beroperasi di wilayah Timika, Kabupaten Mimika, Papua, menjadi klaster baru penularan virus corona. Lebih dari 20 orang tepapar Covid-19 dari rekan kantornya yang lebih dulu terkonfirmasi positif.

Satgas Penanganan Covid-19 Mimika, Reynold Ubra mengatakan, para pekerja yang berasal dari dua BUMN ini menularkan Covid-19 ke keluarganya, sehingga mereka menjadi satu klaster tersendiri.

"Klaster di BUMN ini bertambah lima kasus baru per hari ini (Selasa), kemudian yang sampai menularkan ke keluarga bertambah menjadi empat kasus," kata Reynold di Kota Timika, Kabupaten Mimika, Papua, Selasa (8/9/2020).

Dia meminta warga di Kabupaten Mimika mewaspadai klaster-klaster baru penularan Covid-19. Mulai dari para pelaku perjalanan hingga rekan-rekan kantor yang kemudian menularkan ke keluarga.

Peningkatan kasus Covid-19 dalam satu bulan terakhir, kata dia, juga berasal dari wilayah Pelabuhan Portsite Amamapare. Mereka yang terinfeksi antara lain kru kapal pengangkut bahan tambang dan para karyawan di BUMN tersebut.

"Mereka meminta untuk dilakukan isolasi mandiri," ujarnya.

Terkait penularan kasus di Kabupaten Mimika yang berasal dari klaster BUMN, Reynold enggan menyebutkan detail perusahaan negara mana saja yang saat ini sudah terpapar Covid-19.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal