2 Jenazah Prajurit TNI yang Gugur di Intan Jaya Papua Diterbangkan ke Kampung Halaman

Edy Siswanto, Donald Karouw ยท Kamis, 19 Desember 2019 - 09:50:00 WIT
2 Jenazah Prajurit TNI yang Gugur di Intan Jaya Papua Diterbangkan ke Kampung Halaman
Ilustrasi TNI. (Foto: Dok)

JAYAPURA, iNews.id – Dua jenazah prajurit TNI yang gugur saat kontak tembak dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kabupaten Intan Jaya, Papua, akan diterbangkan ke kampung halaman masing-masing, Kamis (19/12/2019). Jenazah almarhum Lettu Inf Erizal Zuhri Sidabutar dan Serda R Rizky diterbangkan melalui Bandara Moses Kilangin Timika.

Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih, Kolonel Cpl Eko Daryanto mengatakan, kedua jenazah prajurit TNI AD diterbangkan pada Kamis siang dan malam. Keduanya akan diterbangkan besok menggunakan Garuda.

“Almarhum Lettu Infantri Arizal akan diterbangkan dari Timika ke Medan, via Bali dan Jakarta. Sementara Jenazah Almarhum Serda Rizky Rahamadhan, diterbangkan dari Timika ke Jakarta via Bali,” kata Eko di Jayapura, Rabu (18/12/2019) malam.

Eko menjelaskan, almarhum Lettu Inf Erizal diperkirakan tiba di Medan, Sumatera Utara (Sumut), melalui Bandara Kualanamu Kabupaten Deliserdang, sekitar pukul 22.15 WIB. Selanjutnya, jenazah akan dibawa menggunakan jalut darat ke kampung halaman di Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi, untuk selanjutnya dimakamkan.

“Sementara almarhum Serda Rizky Ramadhan, setelah sampai di Jakarta, rencananya dimakamkan di Taman Makam Pahlwan di Kalibata pada 20 Desember 2019. Kedua jenazah saat ini masih disemayamkan di Yonif 754/ENK,” katanya.

Almarhum Letnan Satu EZ Sidabutar dan Sersan Dua R Rizky diserang oleh KKB, diduga pimpinan Lekagak Telenggeng. Saat itu, keduanya sedang melaksanakan kegiatan bakti sosial dalam rangka menyambut Natal dan Tahun Baru di Kampung Kulapa, Distrik Hitadipa, Kabupaten Intan Jaya, Selasa (17/12/2019) sekitar pukul 15.30 WIT.

Insiden penyerangan itu terjadi saat sejumlah anggota TNI-Polri beserta masyarakat sedang mengangkut logistik dari kedudukan helly pad ke arah Kampung Kulapa, tempat kegiatan baksos.

Dalam jarak sekitar 150 meter dari pinggir kampung, KKSB yang diperkirakan berjumlah 10 orang dengan senjata campuran mendadak menyerang. Dalam kontak tembak itu, Lettu Inf Erizal Zuhri Sidabutar dan Serda R Rizky gugur.


Editor : Maria Christina