30 Tewas dalam Demo Rusuh di Papua, 26 Korban di Wamena dan 4 Orang di Jayapura

Antara ยท Selasa, 24 September 2019 - 19:04 WIT
30 Tewas dalam Demo Rusuh di Papua, 26 Korban di Wamena dan 4 Orang di Jayapura
Menkopolhukam Wiranto (kiri) bersama Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian (kanan) menyampaikan keterangan usai rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo terkait kondisi Papua dan Papua Barat di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (30/8/2019). (ANTARA FOT

JAKARTA, iNews.id – Korban jiwa dalam demo berujung rusuh di Kota Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, bertambah. Dari sebelumnya sejumlah 23 korban, kini mencapai 26 orang. Sementara kericuhan di Jayapura menelan empat korban jiwa. Terdiri atas satu prajurit TNI dan tiga perusuh. Total korban tewas di dua lokasi mencapai 30 orang.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan, jumlah korban tewas ini berdasarkan laporan pada Selasa (24/9/2019) pukul 12.00 WIB. Sementara korban luka akibat kerusuhan demo di Wamena pada Senin (23/9/2019) sebanyak 66 orang.

"Ada sebanyak 26 orang meninggal dunia, terdiri atas 22 warga pendatang dan empat warga asli Papua," ujar Tito, saat konferensi pers di Kantor Kemenkopolhukam, Jakarta, Selasa (24/9/2019).


Kapolri mengungkapkan, belum seluruh korban teridentifikasi. Masih ada tiga korban yang belum diketahui identitasnya. Mereka meninggal, terutama akibat luka bacok dan terbakar dalam rumah atau rukonya.

"Ada yang berprofesi tukang ojek, bekerja di restoran dan sebagainya," katanya.

Untuk korban tewas dalam peristiwa tersebut, sudah diberikan kemudahan layanan untuk pemakaman. Sementara korban luka saat ini menjalani perawatan di Rumah Sakit (RS) Wamena. Bagi korban yang membutuhkan perawatan lebih intensif, dirujuk ke Jayapura. Selain itu telah disiapkan pesawat untuk sarana transportasi bagi pasien yang dirujuk.

Sementara dari kerugian materiel, Kapolri menyebutkan terjadi kerusakan di Kantor Bupati Jayawijaya, kejaksaan, puskesmas, perbankan dan ruko-ruko akibat dibakar. Selain itu 50 mobil dan 50 motor juga hangus dibakar.

Sementara untuk kericuhan yang terjadi di Expo Waena, Jayapura, Kapolri mengungkap ada empat korban jiwa. Terdiri atas satu anggota TNI gugur dan tiga warga lokal tewas.

Menkopolhukam Wiranto menyesalkan terjadinya kericuhan di Wamena dan Jayapura, Papua. Padahal beberapa hari ini situasi di Papua sudah berangsur kondusif.

"Betul-betul kita sayangkan. Aparat keamanan berusaha meredam itu semua, menyadarkan masyarakat. Jangan sampai dijadikan bulan-bulanan pihak yang hanya mencari keuntungan di sana," kata Wiranto.


Editor : Donald Karouw