38 Tenaga Kesehatan di Manokwari Positif Covid-19, 4 Fasilitas Kesehatan Tutup

Antara ยท Rabu, 23 September 2020 - 15:25:00 WIT
38 Tenaga Kesehatan di Manokwari Positif Covid-19, 4 Fasilitas Kesehatan Tutup
Tenaga medis di rumah sakit wilayah Papua. (Foto: iNews/Edy Siswanto).

MANOKWARI, iNews.id - Sebanyak 38 tenaga kesehatan di Kabupaten Manokwari, Papua Barat, terpapar Covid-19. Kondisi ini membuat sejumlah fasilitas kesehatan terpaksa tutup sementara.

Sesuai data Satgas Covid-19 Manokwari, Selasa (22/9/2020), ada 38 tenaga kesehatan yang terkonfirmasi positif virus corona terbagi dalam klaster rumah sakit dan puskesmas.

Ketua pelaksana harian percepatan penanganan Covid-19 Manokwari, Henri Sembiring mengatakan, dalam beberapa hari terakhir, sudah ada empat fasilitas kesehatan yang tutup.

"Yakni Puskesmas Pasir Putih, Puskesmas Sanggeng, Puskesmas Maripi serta ruang bedah RSUD Manokwari," kata Henri di Kabupaten Manokwari, Papua Barat, Rabu (23/9/2020).

Dia meminta, tenaga kesehatan tidak meremehkan penggunaan alat pelindung diri (APD) saat memberikan pelayanan kepada masyarakat atau pasien.

"Termasuk relawan Covid-19, dokter praktik dan petugas medis di apotek. Minimal APD level dua yaitu masker dan handsbone (sarung tangan). Jangan pernah meremehkan APD," ujar dia.

Saat ini jumlah warga terpapar Covid-19 di Kabupaten Manokwari tercatat 267 orang. Adapun 126 di antaranya dinyatakan sembuh, lima meninggal dunia, 63 dalam perawatan dan 73 isolasi mandiri.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal