6 Bulan di Jakarta, Bupati Yahukimo Berdalih Pandemi Covid-19

Antara ยท Jumat, 24 Juli 2020 - 06:25 WIB
6 Bulan di Jakarta, Bupati Yahukimo Berdalih Pandemi Covid-19
Bupati Yahukimo Abock Busup. (Foto: Antara).

JAYAPURA, iNews.id - Bupati Yahukimo, Abock Busup, mengaku segera kembali bekerja di daerah asalnya dalam waktu dekat. Selama enam bulan terakhir dia tidak berkantor karean pandemi Covid-19.

Bupati Abock mengatakan, saat ini dia masih berada di Jakarta. Ada sejumlah hal yang mesti diurus antara lain rekomendasi partai politik untuk pilkada dan pelantikan ketua DPRD yang sudah habis jabatannya pada 8 April lalu.

"Semua pemerintahan berjalan online, jadi tidak masuk kantor, urusan pemerintahan tetap jalan, sampai dana Covid-19, Rp75 miliar saja sudah transparan," kata dia saat dikonfirmasi dari Kota Jayapura, Papua, Kamis (23/7/2020).

Abock mengklaim, dia tidak kembali bertugas di wilayahnya setelah enam bulan terakhir bukan karena disengaja. Sebab tidak ada akses kembali ke Kabupaten Yahukimo, yakni dengan pesawat.

"Ini karena Covid-19 jadi bandara ditutup sehingga tidak bisa terbang (kembali ke Yahukimo)," ujar dia.

Sebelumnya Anggota DPRD Yahukimo, Yafet Saram mengatakan, Bupati Abock Busup hingga kini sudah enam bulan ada di Jakarta sedang mengurus partainya. Padahal ada 27 anggota dewan yang mestinya dilantik pada 18 Mei lalu.

"Hingga kini belum memulai proses penyusunan perangkat dewan di mana hal ini mempersulit kinerja wakil rakyat dan kami juga anggap karena faktor ketidakhadiran bupati di Yahukimo," katanya.

Selain itu dia juga menyoroti anggaran penanganan Covid-19 di Kabupaten Yakuhimo yang menjadi zona hijau. Menurut dia, anggaran yang diusulkan mencapai Rp130 miliar.

"Pengajuan dua tahap. Pertama Rp70 miliar, yang kedua Rp60 miliar," ujar dia.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal