6 Penumpang Kapal di Jayapura Palsukan Rapid Test Bermodal Tip-ex dan Tulisan Tangan

Antara ยท Jumat, 10 Juli 2020 - 09:35 WIB
6 Penumpang Kapal di Jayapura Palsukan Rapid Test Bermodal Tip-ex dan Tulisan Tangan
Pengawasan ketat di Pelabuhan Parepare. (Foto: iNews/Ichsan Anshari).

JAYAPURA, iNews.id - Enam penumpang kapal di Kota Jayapura, Papua, nekat memalsukan rapid test dengan cara menghapus hasil reaktif dengan tip-ex. Mereka kemudian menuliskan sendiri hasilnya non-reaktif.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Jayapura, Harlod M Pical, membenarkan kecurangan dengan modus tersebut. Beruntung petugas jeli dan langsung mengamankan para pelaku.

"Saran kami dari KKP Jayapura agar tidak terjadi pemalsuan lagi, sebaiknya hasil cepat kesehatan itu pakai ketik, print dan pakai barcode. Bahaya sekali bila seperti ini," kata Harlod di Kota Jayapura, Papua, Kamis (9/7/2020).

Menurut dia, sejumlah penumpang yang kedapatan memalsukan surat kesehatan itu rencananya akan berangkat ke Serui, Sorong, Bau-Bau dan Makassar. Mereka merupakan penumpang KM Dobonsolo dari Pelabuhan Jayapura.

"Saya mohon juga masyarakat jujur agar tidak membuat kita sibuk dengan kerjaan baru," ujarnya.

Juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Papua, dr Silwanus Sumule mengatakan, sudah mendengar laporan terkait pemalsuan surat kesehatan ini di Pelabuhan Jayapura.

"Tadi kami sudah bicarakan dan sepakati, hasil tes cepat kesehatan di Labkesda nanti kita akan usahakan pakai ketik, print dan ada barcode. Sehingga tidak bisa palsukan lagi," kata Sumule.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal