8 WNA Papua Nugini Tertahan di Jayapura, Jalur Tikus di Perbatasan Negara Harus Diawasi Ketat

Herawati, Fredy Nuboba · Sabtu, 02 Mei 2020 - 15:40:00 WIT
8 WNA Papua Nugini Tertahan di Jayapura, Jalur Tikus di Perbatasan Negara Harus Diawasi Ketat
Kondisi PLBN di Skouw sebelum tutup karena wabah virus corona. (Foto: Dok iNews).

JAYAPURA, iNews.id - Sebanyak delapan orang warga negara asing (WNA) asal Papua Nugini tertahan di Kota Jayapura, Papua. Sebab pintu perbatasan antarnegara di Skouw sudah tutup sejak Februari lalu.

Karo Perbatasan dan Hubungan Kerja Sama Luar Negeri Provinsi Papua, Suzana Wanggai menyebut, enam dari delapan WNA ini sekarang diamankan di Rumah Detensi Imigrasi Jayapura.

"Mereka menjalani masa tahanan karena tidak memiliki dokumen perlintasan antarnegara," kata Suzana di Kota Jayapura, Papua, Sabtu (2/5/2020).

Sementara dua orang lainnya masuk secara resmi, dan kini berada di rumah kerabatnya di Jayapura. Namun Suzana berharap, Pemerintah Papua Nugini bisa segera memulangkan kedelapan warganya dalam waktu dekat.

"Kami harap bisa segera dipulangkan, sama halnya dengan Pemerintah Indonesia memulangkan 47 WNA sebelumnya" ujar dia.

Menurut dia, sejak wabah virus corona meluas, pos lintas batas negara atau PLBN Skouw ditutup. Karena itu pemerintah daerah harus mengawasi akses keluar masuk perbatasan.

"Kami terus memantau situasi di perbatasan negara dengan berkoordinasi bersama pemerintah kabupaten dan kota," katanya.

Dia meminta, pemerintah kabupaten dan kota dapat bekerja sama dengan aparat kampung supaya jalur tikus di perbatasan dapat diawasi maksimal. Lalu keberadaan akses alternatif ini akan dikoordinasikan dengan Papua Nugini.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal