Bakar SMAN 1 Oksibil, KKB Tak Senang Lihat Anak-Anak Sekolah

Antara ยท Senin, 06 Desember 2021 - 09:50:00 WIT
Bakar SMAN 1 Oksibil, KKB Tak Senang Lihat Anak-Anak Sekolah
Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal (Antara)

OKSIBIL, iNews.id - Kelompok kriminal bersenjata (KKB) diduga pelaku pembakaran SMAN 1 Oksibil Pegunungan Bintang. Mereka tak senang melihat anak-anak sekolah.

Kepala Satgas Humas Nemangkawi, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal mengatakan, KKB tak ingin anak-anak memikirkan pendidikan untuk memajukan Papua.

"KKB ini tidak setuju lihat pendidikan maju sehingga terjadi pembakaran SMAN 1 Oksibil," kata Kamal dalam keterangannya di Kota Jayapura, Papua, Minggu (5/12/2021).

Dia menjelaskan, Satgas Operasi Nemangkawi bersama Polres Pegunungan Bintang dan Satgas Pamrahwan sudah melakukan olah TKP kebakaran sekolah di Jalan Yapimakot Kampung Esipding Distrik Serambakon, pada Minggu kemarin.

Dari hasil oleh TKP diperoleh fakta, lokasi SMAN 1 Oksibil yang terbakar dekat dengan TKP penembakan personel TNI di Jembatan Yapimakot Serambakon pada 2020 dan 2021.

Kejadian kebakaran ini diduga terdapat unsur kesengajaan mengingat hasil pengecekan di luar TKP di ketinggian dan jarak tembak ditemukan banyak jejak alas kaki, puntung rokok, dan diduga tempat tiarap untuk memantau.

Menurut Kamal, adanya dugaan KKB pelaku pembakaran ini karena warga sekitar melihat tadi pagi tidak lama setelah api membakar sekolahan, beberapa orang membawa senjata api dan alat perang melintas tidak jauh dari saksi tinggal.

"Polres Pegunungan Bintang masih melakukan penyelidikan lebih Lanjut," kata Kamal.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Bagikan Artikel: