Bangkai Pesawat Bekas Perang Dunia ke-2 Ditemukan di Perairan Jayapura

Edy Siswanto ยท Jumat, 31 Juli 2020 - 15:10 WIT
Bangkai Pesawat Bekas Perang Dunia ke-2 Ditemukan di Perairan Jayapura
Tim penyelam menemukan bangkai pesawat PD II di Jayapura. (Foto: Istimewa).

JAYAPURA, iNews.id - Tim penyelam dari MM97DC yang merupakan gabungan unsur TNI, Polri, Basarnas, dan masyarakat menemukan puing pesawat peninggalan Perang Dunia ke-2. Penemuan ini di sekitar Tanjung Demoy, Distrik Depapre, Kabupaten Jayapura, Papua, Minggu (26/7/2020) lalu.

Bangkai pesawat tersebut berada pada kedalaman 20-22 meter dari permukaan laut. Jaraknya 300 meter dari bibir Pantai Kampung Demoy, atau sekitar 75 meter dari Tanjung Demoy.

"Jadi memang bermula dari laporan warga. Mereka melaporkan kepada kita ada melihat bangkai pesawat," kata Koordinator tim Selam MM97DC, AKBP Michael Mumbunan, saat dikonfirmasi di Dit Polair Polda Papua, Kamis (30/7/2020) kemarin.

Menurut dia, warga yang melapor tidak bisa menjangkau bangkai pesawat tersebut, karena berada di dasar laut dengan kedalaman hampir 22 meter. Akhirnya tim berkoordinasi dan melakukan pencarian.

Dari penyelaman itu, tim mendapati bangkai pesawat. Namun hanya baling-baling saja yang tersisa. Sedangkan bagian sayap dan ekor pesawat sudah tidak ada.

"Hanya baling-balingnya yang menghadap ke Kampung Tablanusu," kata Wadir Polair Polda Papua itu.

Dugaan sementara bangkai pesawat ini jenis Catalina yang dipakai pada Perang Dunia ke-2 dan dapat mendarat di atas permukaan air. Namun penyebabnya sampai tenggelam di perairan Kota Jayapura masih belum diketahui pasti.

"Apakah rusak akibat perang atau memang rusak dan ditinggalkan itu yang kami tidak tahu," ujar dia.

Dia menambahkan, pihaknya bersama tim akan kembali melakukan penyelaman ke sekitar Tanjung Demoy. Ini dilakukan untuk mencari puing lain, atau bahkan bisa mendapati puing-puing peninggalan perang.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal