Foya-Foya dengan Selingkuhan, Pelaku Penipuan di Jayapura Kabur ke Pulau Buru

Antara ยท Selasa, 28 Juli 2020 - 12:30 WIB
Foya-Foya dengan Selingkuhan, Pelaku Penipuan di Jayapura Kabur ke Pulau Buru
Polisi tangkap pelaku penipuan di Jayapura. (Foto: Antara).

JAYAPURA, iNews.id - Polisi menangkap seorang pelaku penipuan dan penggelapan mobil asal Kota Jayapura, Papua, di Pulau Buru, Maluku. Dia diduga kabur sambil berfoya-foya dengan selingkuhan dari hasil uang kejahatannya.

Pelaku Burhan (41) merupakan buronan polisi selama beberapa pekan terakhir yang keberadaannya terlacak di Kota Ambon dan Kabupaten Buru, Maluku.

Kasat Reskrim Polresta Jayapura Kota, AKP Komang Yustrio Wirahadi Kusuma, membenarkan penangkapan tersebut. Burhan diamankan pada 17 Juli lalu, namun polisi baru membawanya ke Jayapura, Sabtu (25/7/2020) kemarin.

"Situasi terkini (Covid-19) yang membuat personel lambat untuk membawa pelaku, karena akses penerbangan dan persyaratannya," kata AKP Komang di Kota Jayapura, Papua, Selasa (28/7/2020).

Burhan merupakan pelaku penipuan dan penggelapan mobil. Ada tiga laporan warga yang masuk ke Polresta Jayapura Kota dengan modus serupa dan sama-sama dilakoni oleh pelaku.

"Pelaku mengakui melakukan hal tersebut lebih dari sekali dengan korban yang berbeda, namun baru tiga orang yang melaporkannya," katanya.

Modus penipuan dan penggelapan yang dilakukan oleh Burhan yakni menyewa kendaraan dari korbannya untuk dijual kembali. Dia mengiming-imingi korbannya dengan alasan menyewa kendaraan tersebut.

"Hasil kejahatannya digunakan pelaku berfoya-foya bersama selingkuhannya," katanya.

Kasus ini masih dikembangkan lagi, mengingat ada pelaku lainnya dalam kasus penipuan dan penggelapan serupa. Sebab dia tentu tidak bekerja sendiri, melainkan ada penadah yang siap membeli barang curian pelaku.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal