Bangkai Pesawat Kodiak 100 Dievakuasi dari Dasar Danau Sentani

Sindonews, SM Said ยท Kamis, 21 Mei 2020 - 11:20 WIT
Bangkai Pesawat Kodiak 100 Dievakuasi dari Dasar Danau Sentani
Evakuasi Pesawat Kodiak 100 dari dasar Danau Sentani. (Foto: Sindonews).

SENTANI, iNews.id - Badan Pesawat Kodiak 100 milik Mission Aviation Fellowship (MAF) yang jatuh di Danau Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Selasa (12/5/2020) lalu, telah dievakuasi. Badan pesawat berada di dasar danau dengan kedalaman 12 meter.

Kabag Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal mengatakan, sebelum melakukan evakuasi terhadap badan pesawat, tim terlebih dahulu mengangkat barang-barang yang menjadi kargo pesawat.

"Seperti minyak goreng ukuran lima dan dua liter," kata Kombes Pol Kamal di Kota Jayapura, Papua, Rabu (20/5/2020) kemairn.

Kemudian lanjut Kamal, tim melakukan pengikatan terhadap badan pesawat dikaitkan dengan 12 drum sebagai pelampung. Selanjutnya badan pesawat ditarik menggunakan perahu hingga ke perairan dangkal danau.

"Badan pesawat kemudian dievakuasi dnegan tongkang kayu dikarenakan akan memasuki kawasan danau yang dangkal," ujar dia.

Setelah berada di permukaan air, badan pesawat ini dibawa menuju Kantor Yajasi dengan pengawalan dari polisi. Bangkai Pesawat Kodiak 100 ini sampai di kantor tersebut pada Rabu malam waktu setempat.

Sebelumnya bangkai Pesawat Kodiak 100 yang jatuh di Danau Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, masih sulit dievakuasi. Sebab posisinya tertancap di dasar danau dengan kedalaman sekitar 12 meter.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal