Beredar Kabar Warga Beoga Mengungsi Besar-besaran, Satgas Nemangkawi: Itu Hoaks

Antara ยท Jumat, 30 April 2021 - 10:45:00 WIT
Beredar Kabar Warga Beoga Mengungsi Besar-besaran, Satgas Nemangkawi: Itu Hoaks
Aktivitas warga Beoga, Puncak, Papua mulai normal pascaserangkaian serangan yang dilakukan KKB. (Foto: Antara)

ILAGA, iNews.id - Satgas Operasi Nemangkawi memastikan tidak ada warga di Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua, yang eksodus atau mengungsi besar-besaran. Kabar yang beredar mengenai hal tersebut dipastikan hoaks.

Kasatgas Humas Nemangkawi, Kombes Pol Iqbal Alqudusy mengatakan, timnya memantau secara langsung aktivitas warga di Beoga. Semua aktivitas masyarakat terpantau berjalan normal.

"Situasi masyarakat di Beoga kondusif, aktivitas masyarakat berjalan normal. 'Mama-mama' sudah berjualan di pasar. Kalau ada yang menyebutkan bahwa warga mengungsi, faktanya tidak ada," ujar Kombes Iqbal, Kamis (30/4/2021).

Tim Humas Satgas Nemangkawi juga secara khusus memantau aktivitas warga masyarakat di Kota Ilag, terutama di Pasar Ilaga, satu hari pascaterjadi kontak tembak antara aparat gabungan TNI-Polri dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB).

Sementara Kasat Binmas Polres Puncak, Iptu Yunias mengatakan, para pedagang di Pasar Ilaga tetap berjualan seperti biasanya tanpa rasa takut. Kondisi serupa terjadi di Kota Ilaga yang merupakan ibu kota Kabupaten Puncak.

"Situasi di Kota Ilaga, termasuk di Pasar Ilaga semua berjalan baik dan aman warga beraktivitas secara normal," ujar Iptu Yunias.

Informasi yang dihimpun, masyarakat Ilaga dan sekitarnya akan menggelar acara bakar honai pada Jumat (30/4/2021) sebagai simbol menolak segala bentuk tindak kekerasan KKB.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal