Kondisi di Ilaga, Beoga dan Sugapa Normal Pascabaku Tembak TNI-Polri dan KKB

Andi Mohammad Ikhbal ยท Kamis, 29 April 2021 - 23:30:00 WIT
Kondisi di Ilaga, Beoga dan Sugapa Normal Pascabaku Tembak TNI-Polri dan KKB
Situasi di Bandara di Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Provinsi Papua, Kamis (29/4/2021). (Foto: Istimewa)

PUNCAK, iNews.id - Kondisi di tiga wilayah di Provinsi Papua, kembali normal, pascabaku tembak antara pasukan TNI-Polri dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). Warga di Distrik Ilaga, Beoga, dan Sugapa mulai beraktivitas karena merasa situasi sudah aman.

Kepala Humas Satgas Nemangkawi Kombes M Iqbal Alqudussy mengatakan, hari ini, pasukan TNI-Polri melakukan pengamanan Bandara di Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Kamis (29/4/2021). Sebab, masyarakat di sana sedang menurunkan sembako dan juga barang dagangan dari pesawat.

"Dengan adanya kegiatan tersebut membuktikan tidak ada masyarakat Distrik Ilaga Kabupaten Puncak yang mengungsi," kata Iqbal dalam keterangannya, Kamis (29/4/2021).

Iqbal mengatakan, hari ini terdapat 30 penerbangan di Bandara Ilaga. Penerbangan itu dari Kabupaten Mimika ke Ilaga maupun sebaliknya, dengan rincian 20 penerbangan penumpang dari Kabupaten Mimika menuju Bandara Ilaga. Kemudian, 10 penerbangan kargo dari Kabupaten Mimika menuju Bandara Ilaga.

"Selain itu, begitu banyak masyarakat ingin melihat langsung kegiatan acara tradisi bakar honai. Namun juga tidak banyak masyarakat yang meninggalkan Distrik Ilaga Kabupaten Puncak," katanya.

Senada dengan Iqbal, Wakasatgas Humas Nemangkawi AKBP Arif Fajar Satria mengatakan, kondisi pada Kamis sejak pagi tadi terlihat berjalan normal pascakontak tembak antara TNI-Polri dengan KKB pada 27 April 2021.

"Pada pagi hari Kamis, 29 April 2021, sekitar pukul 08.00 waktu setempat, aktivitas warga di sini masih berjalan normal. Beberapa masyarakat sudah melakukan aktivitas pekerjaan sehari-hari," ujar Arif.

Sementara pasukan TNI-Polri juga senantiasa memberikan perlindungan dan keamanan bagi masyarakat Distrik Ilaga.

Tak hanya di Ilaga, kondisi serupa juga terjadi di Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua. Berdasarkan laporan Karoops Polda Papua Kombes Jermias Rontini menyebut, situasi di sana terlihat cerah dan juga kondusif.

Editor : Maria Christina

Halaman : 1 2