Beredar Nama-Nama Pengganti Klemen Tinal, Parpol Koalisi: Kami Belum Munculkan Kandidat

Omega Batkorumbawa ยท Jumat, 18 Juni 2021 - 11:05:00 WIT
Beredar Nama-Nama Pengganti Klemen Tinal, Parpol Koalisi: Kami Belum Munculkan Kandidat
Boy Markus Dawir mewakili parpol koalisi Lukas Enembe dan Klemen Tinal. (Foto: iNews/Omega).

JAYAPURA, iNews.id - Partai koalisi pendukung Lukas Enembe-Klemen Tinal masih menunuggu waktu 40 hari untuk membahas kandidat yang menempati posisi wakil gubernur Papua. Nama-nama yang beredar dipastikan bukan lah calon resmi.

Perwakilan koalisi parpol sekaligus Sekretaris DPD Demokrat Papua, Boy Markus Dawir mengatakan, memang ada dukungan terhadap nama-nama yang muncul secara liar. Namun kami harus menghormati keluarga mendiang Klemen Tinal.

"Kami di Papua ini menghormati adat istiadat, budaya serta pihak keluarga. Jadi harus menunggu 40 hari untuk membahas nama-nama ini," kata Boy di kota Jayapura, Papua, Kamis (17/6/2021).

Dia menegaskan, baik Partai Demokrat dan delapan parpol koalisi lainnya saat ini belum memunculkan kandidat secara resmi. Rencananya pembahasan akan dimulai pada awal Juli 2021 atau setelah 40 hari lebih wafatnya Klemen Tinal.

"Pekan pertama awal juli, baru akan ada pertemuan koalisi langsung bersama ketua DPD Demokrat, dan bapak Lukas Enembe sebagai Gubernur Papua," katanya.

Boy Dawir sangat sepakat nantinya sosok Wakil Gubernur Papua tidak boleh sampai bertentangan dengan Lukas Enembe. Karena itu gubernur akan ikut serta untuk menentukan kandidat calon wagubnya.

"Sudah pasti kepala daerah akan pilih pasangan yang cocok, sehati dan sejalan, seperti almarhum Klemen Tinal dulu," katanya.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal