Bicara Ngawur, Petani Ganja di Jayawijaya Akan Jalani Tes Kejiwaan

Antara ยท Rabu, 28 Oktober 2020 - 10:25:00 WIT
Bicara Ngawur, Petani Ganja di Jayawijaya Akan Jalani Tes Kejiwaan
Kapolres Jayawijaya AKBP Dominggus Rumaropen. (Foto: Antara)

WAMENA, iNews.id - Polisi akan memeriksa kejiwaan petani ganja di Distrik Wollo, Kabupaten Jayawijaya, Papua. Sebab pelaku selalu bicara ngawur saat menjalani pemeriksaan petugas.

Kapolres Jayawijaya, AKBP Dominggus Rumaropen mengatakan, pelaku berinisial LU (26) diamankan karena menjadi petani ganja. Namun saat menjalani pemeriksaan, yang bersangkutan menunjukkan tanda-tanda gangguan jiwa.

"Kami tidak bisa mengorek keterangan dari yang bersangkutan. bicaranya ngawur. Tidak bisa diajak ngomong," kata AKBP Rumaropen di Kota Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, Senin (27/10/2020).

Menurut dia, polisi belum memastikan ada tersangka baru atas temuan tanaman ganja yang ditemukan di Distrik Wollo ini. Pelaku lebih dulu akan dibawa ke RSUD Wamena untuk menjalani pemeriksaan kejiwaan.

Jika secara medis yang bersangkutan mengalami gangguan jiwa, kata Kapolres, yang bersangkutan tidak bisa mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Berdasarkan informasi yang diterima, pihak keluarga mengaku sering mendapat perilaku kekerasan dari yang bersangkutan. LU dilaporkan oleh orang tuanya terkait ganja yang ditanam.

"Kalau dia tak sadarkan diri, sering kali melakukan pemukulan terhadap saya. Oleh karena itu, saya laporkan kepada TNI yang bertugas di sana untuk diamankan," kata orang tua tersangka, Ner Uwaga.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal