BMKG Minta Masyarakat di Papua dan Papua Barat Waspada Potensi Cuaca Buruk

Antara, Herawati ยท Kamis, 21 Mei 2020 - 14:30 WIB
BMKG Minta Masyarakat di Papua dan Papua Barat Waspada Potensi Cuaca Buruk
Ilustrasi cuaca buruk. (Foto: Istimewa).

JAYAPURA, iNews.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang. Cuaca buruk tersebut diperkirakan juga terjadi di Papua dan Papua Barat.

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, menyebut potensi cuaca buruk terjadi di wilayah timur Indonesia. Seperti Maluku Utara, Papua dan Papua Barat. Kemudian di wilayah tengah, Gorontalo.

"Cuaca buruk juga berpotensi terjadi di wilayah Indonesia tengah dan timur, seperti Gorontalo, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat," kata Dwikorita di Jakarta, Kamis (21/5/2020).

Wilayah lain yang harus waspada terhadap potensi cuaca buruk, Banten, Jawa Barat, Jabodetabek, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Selatan.

Kemudian daerah lainnya yakni, Aceh, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, dan Lampung. Dia berharap Provinsi Lampung dapat mempersiapkan diri untuk antisipasi bencana.

"Sampai besok (22/5/2020) diLampung diprediksi masih berpotensi terjadi hujan lebat, disertai angin kencang, kilat petir," katanya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal