BNN Tangkap 2 Bandar Sabu Kelas Kakap di Papua, 1 Orang Ditembak Petugas

Edy Siswanto ยท Selasa, 14 Juli 2020 - 13:05 WIT
BNN Tangkap 2 Bandar Sabu Kelas Kakap di Papua, 1 Orang Ditembak Petugas
Dua bandar sabu kelas kakap diamankan BNN. (Foto: iNews/Edy Siswanto).

JAYAPURA, iNews.id - Petugas BNN menangkap dua bandar sabu kelas kakap di wilayah Abepura, Kota Jayapura, Papua. Satu dari mereka terpaksa dilumpuhkan karena berusaha melawan petugas.

Kedua pelaku ZA dan FS merupakan bandar sabu terbesar di wilayah Papua. Keduanya diamankan di dua lokasi dan waktu yang berbeda. ZA ditangkap pada 9 Maret lalu, dan ditembak kakinya. Sedangkan FS pada 30 Juni.

Berdasarkan hasil penyelidikan petugas Badan Narkotika Nasional (BNN) Papua, keduanya merupakan bandar kelas kakap. Dari tangan ZA, petugas mendapati 137 gram paket sabu dan FS memiliki 10 gram.

"Kedua bandar ini merupakan residivis kasus serupa. Mereka sudah berkali-kali keluar masuk lapas," kata Kepala BNN Papua, Brigjen Pol Jackson Lapalongan, di Kota Jayapura, Papua, Senin (13/7/2020).

Sementara FS merupakan narapidana yang mendapat program asimilasi Covid-19. Namun dia kembali berulah dan menjadi bandar sabu usai bebas dari masa tahanan tersebut.

Kedua bandar sabu ini mengaku mendapati barang haram itu dari seseorang di wilayah Kepulauan Riau (Kepri). Petugas sudah berkoordinasi dengan BNN Kepri untuk menangkap jaringan ZA dan FS.

"Mereka juga diduga memiliki jaringan di wilayah Lapas Doyo Jayapura. Saat ini sedang kami dalami terlebih dahulu," ujar dia.

Dua tersangka tersebut kini dijerat Undang-Undang Narkotika dengan ancaman hukuman maksimal 12 tahun penjara. Mereka pun diamankan di sel tahanan sambil menunggu proses hukum lanjutan.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal