Buat Nasi Tumpeng Bhinneka Tunggal Ika, DPW Perindo Papua Juara III Lomba HUT Ke-77 RI

Edy Siswanto ยท Kamis, 18 Agustus 2022 - 15:05:00 WIT
Buat Nasi Tumpeng Bhinneka Tunggal Ika, DPW Perindo Papua Juara III Lomba HUT Ke-77 RI
DPW Partai Perindo Papua yang menampilkan nasi tumpeng Bhinneka Tunggal Ika dalam lomba yang diselenggarakan DPP. (Foto : iNews/Edy Siswanto)

JAYAPURA, iNews.id - Semarak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia dirayakan DPP Partai Perindo dengan menggelar perlombaan antarpengurus DPW. Acara ini dikemas dengan tajuk 'Pesta Rakyat Kemerdekaan'. 

Ada dua jenis lomba yang diikuti DPW Perindo se-Indonesia yakni lomba menghias tumpeng dan menyanyi lagu daerah  masing-masing.

DPW Partai Perindo Papua turut ambil bagian dalam perlombaan yang digelar secara daring tersebut. Kegiatan ini dipusatkan di Kantor DPW Perindo Papua, Kompleks Ruko Kelapa II Entrop, Distrik Jayapura Selatan Kota Jayapura yang diikuti pengurus DPW dan kader partai, Rabu (17/8/2022).

Ketua DPW Papua Raflus Doranggi mengatakan, pengurus membuat tumpeng dari bahan lokal bete (ubi talas/keladi) dan dipadu dengan sayur urap, tahu, tempe dan daging ayam. 

"Tumpeng ini diberi nama tumpeng Bhinneka Tunggal Ika. Sementara lagu yang dinyanyikan berjudul Embai dari Bahasa Waropen Papua," katanya, Kamis (18/8/2022).

Filosofi tumpeng Bhinneka Tunggal Ika ini berkaitan dengan keberagaman suku dan budaya yang ada di Nusantara, termasuk di Papua.

"Tumpeng Bhinneka Tunggal Ika ini gambaran dari Papua menjadi rumah bersama untuk keanekaragaman budaya, etnis, agama, suku dan ras. Indonesia mini dapat ditemukan di Provinsi Papua ini," ujarnya.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: