Cuaca Ekstrem, Warga Mimika Diminta Waspadai Banjir dan Longsor

Antara ยท Selasa, 04 Agustus 2020 - 11:55:00 WIT
Cuaca Ekstrem, Warga Mimika Diminta Waspadai Banjir dan Longsor
Banjir masih merendam dua kampung di MImika. (Foto: Antara).

TIMIKA, iNews.id - Masyarakat di Kabupaten Mimika, Papua, diminta mewaspadai cuaca ekstrem selama beberapa pekan ke depan. Kondisi ini dapat memicu banjir dan tanah longsor di sejumlah wilayah.

Kepala BPBD Mimika, Yosias Lossu mengatakan, peringatan ini sesuai prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dari Stasiun Meteorologi Kelas III Bandara Mozes Kilangin Timika.

"Wilayah Timika dan sekitarnya masih akan diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat hingga September mendatang," kata Lossu di Kota Timika, Kabupaten Mimika, Papua, Selasa (4/8/2020).

Akibat curah hujan yang sangat tinggi pada periode Juni hingga Agustus ini, sejumlah kawasan di dataran rendah Mimika terendam banjir hingga satu meter atau setinggi dada orang dewasa.

Sementara di kawasan pegunungan Mimika seperti di Aroanop, Distrik Tembagapura, terjadi tanah longsor. Karena itu dia meminta warga yang tinggal di kawasan rawan bencana harus ekstra waspada.

"Usahakan menghindari daerah yang rawan bencana seperti permukiman di pinggiran sungai. Kalau sampai rumah-rumah sudah terkikis oleh arus sungai saat banjir, segera pindah dari lokasi itu," ujarnya.

Lossu mengakui, bencana banjir bandang dan tanah longsor yang terjadi di sejumlah wilayah akhir-akhir ini, saat pandemi Covid-19, membuat pemerintah daerah cukup kerepotan.

Apalagi BPBD sendiri tidak didukung dengan anggaran yang memadai untuk penanggulangan bencana, terutama untuk penanganan kondisi darurat. Itulah mengapa dia meminta warga mewaspadai potensi bencana.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal