Diizinkan Pulang, Petugas Medis di Jayapura Dinyatakan Negatif Corona

Antara, Herawati ยท Jumat, 08 Mei 2020 - 14:20 WIT
Diizinkan Pulang, Petugas Medis di Jayapura Dinyatakan Negatif Corona
Petugas medis di rumah sakit berpesan agar warga tetap di rumah. (Foto: Istimewa).

JAYAPURA, iNews.id - Seorang petugas medis terkonfirmasi positif virus corona di Kabupaten Jayapura, Papua, akhirnya dinyatakan sembuh. Pasien tersebut sudah diizinkan pulang usai menjalani isolasi di RSUD Yowari.

Direktur RSUD Yowari, Petronlea Risamasu mengatakan, sebenarnya ada dua orang petugas kesehatan di Kabupaten Jayapura yang positif terpapar Covid-19. Namun satu di antaranya sudah dinyatakan sembuh.

"Petugas medis yang sembuh sudah pulang. Tapi satunya masih dirawat," kata dia di Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Jumat (8/5/2020).

Menurut dia, dua orang petugas kesehatan yang terpapar virus corona itu karena kontak erat dengan para pasien positif. Padahal selama menangani pasien, mereka sudah mengikuti dan menerapkan protokol kesehatan penanganan pasien corona.

"Mungkin terjadi kesalahan saat mengganti alat pelindung diri (APD) setelah melayani pasien, saat itulah dua petugas kesehatan ini positif terpapar Covid-19," ujar dia.

Dia mengatakan, dua petugas kesehatan itu, satunya dari RSUD Yowari, dan satunya lagi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura. Namun dia tidak menyebut petugas medis dari instansi mana yang sudah dinyatakan sembuh.

Pastinya, kata dia, tim di bidang pelayanan kesehatan rentan terpapar virus corona. Petronlea menilai, bukan hanya masalah kesediaan APD, tapi juga bagaimana cara mengenakannya secara benar.

"Termasuk yang paling penting adalah kejujuran pasien, terkait statusnya apakah yang bersangkutan pernah melakukan kontak erat dengan pasien positif," ujarnya.

Menurut dia, kejujuran dari seorang pasien sangat penting. Bila tidak mereka bisa saja menularkan virus ini ke orang lain di sekitar mereka, bahkan kepada tenaga medis yang menangani kondisi kesehatannya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal