Dokter Spesialis Paru Akan Tiba di Manokwari Bantu Penanganan Pasien Covid-19

Antara ยท Kamis, 24 September 2020 - 10:30:00 WIT
Dokter Spesialis Paru Akan Tiba di Manokwari Bantu Penanganan Pasien Covid-19
Ilustrasi tenaga medis. (Foto: AFP).

MANOKWARI, iNews.id - Satu dokter spesialis paru segera tiba di Kabupaten Manokwari membantu perawatan pasien Covid-19. Sementara RSUD Papua Barat masih fokus menangani warga yang terinfeksi virus corona dengan gejala ringan.

Direktur RSUD Provinsi Papua Barat, dr Arnoldus Tiniap mengatakan, untuk SDM, terutama tenaga dokter, rumah sakit tersebut baru memiliki satu dokter spesialis dan 12 dokter umum.

"Kami masih membutuhkan paling tidak lima dokter spesialis lagi," kata Arnoldus di Kabupaten Manokwari, Papua Barat, Rabu (23/9/2020).

Menurut dia, saat ini sudah ada dokter spesialis paru yang dalam waktu dekat akan datang dari Jakarta. Dia akan ditempatkan untuk bertugas di RSUD Papua Barat.

Dokter spesialis yang masih dibutuhkan untuk mendukung pelayanan di rumah sakit tersebut antara lain anestesi, patologi klinik, radiologi, serta dokter spesialis jiwa.

"Semua statusnya kontrak, tahun ini kita kontrak sampai bulan Desember. Untuk tahun 2021 nanti kita akan ajukan lagi," ujar dia.

Saat ini RSUD Provinsi Papua Barat masih terus berbenah untuk mengoptimalkan pelayanan. Rumah sakit juga belum membuka pelayanan umum karena peralatan sedang disiapkan.

"Mudah-mudahan November atau Desember sudah bisa melakukan layanan," katanya.

Dari kesiapan gedung, kata dia, secara keseluruhan rumah sakit yang berada di Kabupaten Manokwari itu memiliki 250 ruang kamar tidur pasien. Saat ini baru 110 yang dapat digunakan.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal