Fenomena La Nina, BMKG: Ada Peningkatan Curah Hujan di Biak Papua

Antara ยท Jumat, 30 Oktober 2020 - 13:40:00 WIT
Fenomena La Nina, BMKG: Ada Peningkatan Curah Hujan di Biak Papua
Prakiraan cuaca gelombang tinggi di wilayah Papua dan Papua barat (Foto: BBMKG Wilayah V Jayapura)

JAYAPURA, iNews.id - Fenomena La Nina diprediksi akan meningkatkan curah hujan di sejumlah wilayah Papua, di antaranya Kabupaten Biak Numfor. Sebab daerah tersebut dekat dengan Samudera Pasifik.

Kepala Subbid Pelayanan Jasa BBMKG Wilayah V Jayapura, Erzi Ronsumbre mengatakan, fenomena La Nina ini tidak berpengaruh secara merata di Papua.

"Namun hasil penelitian menunjukkan, berpengaruh pada peningkatan curah hujan di Kabupaten Biak Numfor sktr 20-40 persen dari normalnya," kata Ezri di Kota Jayapura, Papua, Jumat (30/10/2020).

Sementara untuk wilayah Jayapura dan Keerom bagian utara, diprediksi terdampak fenomena iklim tersebut pada Juni, Juli dan Agustus 2021.

Dari penelitian yang dilakukan, kata dia, La Nina berpengaruh pada akhir tahun hingga awal 2021 di Kabupaten Biak Numfor karena daerah tersebut berada di pulau paling luar. Selain itu dekat dengan Samudera Pasifik.

"Kalau kita di daratan besar, pulau Papua ini, karena dengan topografi unik semisal dengan Pegunungan Tengah, dan Teluk Cenderwasih dan lainnya, akhirnya La Nina tidak terlalu punya pengaruh," ujar dia.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal