Gagal Dapati Peracik Miras, Polisi Bakar Pabrik Sopi di Tengah Hutan Timika

Nathan Making ยท Kamis, 25 Juni 2020 - 11:25:00 WIT
Gagal Dapati Peracik Miras, Polisi Bakar Pabrik Sopi di Tengah Hutan Timika
Pabrik miras sopi dibakar polisi. (Foto: iNews/Nathan Making).

TIMIKA, iNews.id - Polisi membakar pabrik rumahan pembuatan minuman keras (miras) jenis sopi di tengah hutan Kota Timika, Kabupaten Mimika, Papua. Sejumlah barang bukti yakni alat-alat yang dipakai untuk memproduksi miras diamankan petugas.

Jajaran Polres Mimika melakukan penggerebekan di tempat pembuatan sopi pada Rabu (24/6/2020) siang. Lokasi berada jauh di dalam hutan kawasan SP4, Jalur 6, Distrik Wania.

Ada dua camp yang menjadi pabrik rumahan peracikan miras. Namun tidak ditemukan pelaku ataupun orang yang diduga meracik minuman tersebut. Petugas hanya mendapati barang bukti alat pembuatan sopi dan bahan-bahan baku seperti air, gula dan ragi.

Kasat Sabhara Polres Mimika, AKP Rosman Latuconsina mengatakan, pabrik rumahan miras sopi ini ditaksi beromset besar dalam satu kali produksi, kira-kira di atas Rp10 juta.

"Ada dua camp yang menjadi tempat pembuatan miras sopi di sini," kata AKP Rosman di Kabupaten Mimika, Papua, Rabu kemarin.

Namun dia membenarkan kalau tidak ada pelaku pembuat miras yang diamankan petugas dalam penggerebekan itu. Petugas hanya membawa sejumlah barang bukti di antaranya alat-alat pembuatan miras dan bahan bakunya.

Meski gagal mendapati pelaku, petugas langsung memusnahkan pabrik miras sopi di tengah hutan tersebut dengan cara membakarnya. Kemudian barang bukti yang ada dibawa ke Mapolres Mimika.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal