Gudang Senjata Api di Rumah ASN Yahukimo, Ini 28 Barang Bukti Ditemukan Satgas

Antara ยท Jumat, 24 September 2021 - 10:05:00 WIT
Gudang Senjata Api di Rumah ASN Yahukimo, Ini 28 Barang Bukti Ditemukan Satgas
Suasana di wilayah Kali Brasa Dekai, Kabupaten Yahukimo, Selasa (18/5/2021) usai penyerangan dua prajurit TNI (Foto: Istimewa)

DEKAI, iNews.id - Gudang senjata api di rumah ASN Yahukimo digerebek tim gabungan TNI Polri. Di dalam tempat itu terdapat puluhan amunisi untuk KKB Papua.

Terdapat 28 jenis barang bukti yang diamankan dalam penggerebekan tersebut, di antaranya 26 butir amunisi 5,6 5TJ, delapan butir amunisi 38 SPC, satu magasin M-16, satu pasang pakaian loreng seragam KNPB.

"Lalu ada juga amunisi dan magasin 5.56," kata Waka Ops II Nemangkawi Papua Kombes Pol Muhammad Firman saat dikonfirmasi, Kamis (23/9/2021).

Satgas Operasi Nemangkawi menggerebek rumah di Kompleks Ambruk Yahukimo pada Rabu (22/9/2021). Rumah tersebut milik oknum ASN berinisial ES yang diduga sebagai pemasok senjata kelompok kriminal bersenjata (KKB).

Dia mengatakan, penggerebekan tersebut dilakukan berkat laporan dari masyarakat bahwa ada truk dinas dengan plat nomor mereka milik pemerintah daerah dicurigai membawa muatan milik KKB.

Dari laporan masyarakat tersebut, Satgas Nemangkawi memeriksa kendaraan itu. Sekelompok orang dengan barang bukti di dalam bak truk dan langsung diamankan bersama dengan sopir yang ternyata oknum ASN Pemkab Yahukimo.

"ES, sopir truk yang ternyata oknum ASN lalu dibawa ke Mapolres Yahukimo untuk dilakukan pemeriksaan," katanya.

Firman mengatakan, dari pengembangan pemeriksaan terhadap ES, Satgas Nemangkawi menggerebek rumahnya yang diduga menjadi tempat persembunyian sejumlah barang bukti senjata KKB Papua yang berada di rumahnya.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Bagikan Artikel: