Hari Ini Ada Drive Thru Rapid Test di Jalan Raya Jayapura, Target 900-an Orang

Edy Siswanto, Sindonews ยท Rabu, 24 Juni 2020 - 12:15 WIB
Hari Ini Ada Drive Thru Rapid Test di Jalan Raya Jayapura, Target 900-an Orang
Rapid Test Drive Thru di Jayapura. (Foto: Sindonews).

JAYAPURA, iNews.id - Polda Papua menggelar rapid test massal gratis kepada pengguna jalan raya di Kota Jayapura pada hari ini, Rabu (24/6/2020). Kegiatan ini dilaksanakan selama satu hari dengan metode drive thru.

Seluruh pengguna jalan yang melintas, baik motor dan mobil diarahkan ke lapangan Papua Trade Center (PTC) Kelurahan Entrop, Distrik Jayapura Selatan. Pengendara tak perlu turun dari kendaraannya, petugas yang akan mendatangi mereka.

Kabid Dokes Polda Papua, Kombes Pol Agustinus Mulyono Hardi mengatakan, target rapid test hari ini sebanyak 980 orang, sesuai alat yang tersedia dari Dinas Kesehatan Provinsi Papua.

"Harapan kami, ini bisa dimanfaatkan oleh seluruh warga kota Jayapura yang ingin mengetahui kondisi tubuhnya. Jangan takut, semakin cepat kita, semakin baik untuk kita dan orang lain," kata Kombes Pol Agustinus di Kota Jayapura, Papua, Rabu pagi.

Polda Papua juga menyiapkan surat pengantar bila hasil tes tersebut non-reaktif atau bebas dari Covid-19. Mereka dapat memakai dokumen tersebut sebagai bekal perizinan saat akan bepergian.

"Di sini kami akan terbitkan juga suratnya, jika diminta dan gratis," ujar dia.

Untuk hasilnya, kata drg Agustinus, hanya menunggu beberapa saat saja. Bila warga bersedia menunggu, tidak lama akan diketahui. Namun bila terburu-buru, mereka diminta meninggalkan nomor ponsel.

"Ya menunggu sekitar 15 menit lah dan hasilnya sudah ada. Tapi kalau mau melanjutkan perjalanan bisa meninggalkan nomor dan akan kita hubungi jika hasilnya reaktif," ujarnya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal