Hari Ini, Kapolda Papua Akan ke Lokasi Penyerangan Pospol 99 Paniai

Antara ยท Senin, 18 Mei 2020 - 07:08 WIB
Hari Ini, Kapolda Papua Akan ke Lokasi Penyerangan Pospol 99 Paniai
Panglima Kodam XVII/Cenderawasih, Mayor Jenderal TNI Herman Asaribab (tiga kiri) bersama Kepala Polda Papua, Inspektur Jenderal Pol Paulus Waterpauw (Antara)

JAYAPURA, iNews.id - Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw dan Pangdam XVII Cendrawasih Mayor Jenderal TNI Herman Asaribab akan mengunjungi tempat kejadian perkara (TKP) penyerangan di Paniai. Hal ini dilakukan untuk melihat kondisi di TKP.

Paulus mengatakan, kunjungan yang harusnya dilakukan Minggu (17/5/2020) batal karena faktor cuaca.

“Kami telah mengatur rencana pada Senin (18/5/2020) akan ke Pospol 99 di Paniai guna mengecek seperti apa kejadian tersebut,” kata Paulus.

Paulus menambahkan, pihaknya akan menggali terus informasi serta dugaan-dugaan yang ada. Salah satunya adakah personel yang terlibat masalah dengan warga.

"Karena informasinya kan, ada empat anggota yang melakukan pengamanan di situ. Tiga orang ikuti rapat dan tinggal seorang yang di pos,” kata dia.

“Apakah seorang ini yang menjadi korban ini, dia ada masalah dengan warga sekitar, kita akan lihat perkembangannya seperti apa," lanjutnya.

Paulus juga mengimbau kepada tokoh-tokoh masyarakat, adat dan agama serta pemuda setempat untuk membantu dan menyampaikan kepada mereka agar kembalikan senjata yang diambil.

"Jika tidak dikembalikan, maka itu adalah upaya kami untuk mengambil tindakan tegas kepada para kelompok yang ambil,” kata Paulus.

Sementara itu, polisi yang menjadi korban penyerangan atau aniaya sudah mendapatkan perawatan medis.

"Untuk korban, anggota kita sudah dievakuasi ke Nabire sejak kemarin dan sudah mendapatkan perawatan intensif. Laporan Kapolres Nabire, keadaanya sudah cukup stabil dan semoga cepat pulih,” kata dia.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto