Hasil Tracing Covid-19 di Mimika: 879 Orang Kontak Pasien, 17 Positif Corona

Antara, Herawati · Kamis, 30 April 2020 - 12:15:00 WIT
Hasil Tracing Covid-19 di Mimika: 879 Orang Kontak Pasien, 17 Positif Corona
Warga Jalan Mambruk ikut pemeriksaan rapid test

TIMIKA, iNews.id - Sebanyak 879 orang diduga memiliki kontak erat dengan 55 orang pasien terkonfirmasi positif virus corona di Kabupaten Mimika, Papua. Sebagian dari jumlah tersebut, ada 17 orang dinyatakan ikut tertular Covid-19.

"Mereka kemudian melakukan pemeriksaan PCR dinyatakan positif terinfeksi," kata Juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Mimika, Reynold Ubra, di kota Sentani, Kabupaten Mimika, Papua, Kamis (30/4/2020).

Hari ini, kata dia, tim gugus tugas akan kembali menggelar rapid test kepada 237 warga yang masuk dalam daftar penelusuran kontak dari pasien positif Covid-19. Proses pemeriksaan ini berlangsung hingga Minggu (3/5/2020) mendatang.

"Ada sembilan orang lagi hasil tracing kontak yang masih kami pantau perkembangan kondisi kesehatannya hingga 14 hari ke depan, meskipun saat pemeriksaan menggunakan rapid test hasilnya negatif," ujar dia.

Kemudian awal pekan depan, kata dia, gugus tugas menjadwalkan pemeriksaan massal menggunakan rapid test kepada 1.076 orang. Kelompok ini merupakan orang-orang yang baru tiba di kota Timika dari berbagai daerah.

Selain pendatang, mereka yang menjalani rapid test di antaranya kelompok karantina di Bandara Timika dan juga sejumlah karyawan yang baru turun dari Tembagapura ke Timika.

"Kami akan mendistribusikan rapid test ke 10 Puskesmas di sekitar Kota Timika untuk melaksanakan pemeriksaan massal ini," ujar Reynold.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal