Ingat Untung Sangaji, Polisi Penembak Teroris Bom Thamrin? Begini Nasibnya Sekarang

Donald Karouw ยท Sabtu, 18 September 2021 - 22:56:00 WIT
Ingat Untung Sangaji, Polisi Penembak Teroris Bom Thamrin? Begini Nasibnya Sekarang
AKBP Untung Sangaji yang melumpuhkan teroris Sarinah kini menjabat Kapolres Merauke. (Foto: Istimewa)

MERAUKE, iNews.id – Masih ingat dengan nama AKBP Untung Sangaji. Dia merupakan polisi yang melumpuhkan teroris di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat pada 2016 silam.

Aksi heroiknya begitu viral ketika dia baku tembak dengan pelaku teror bom Sarinah. Menariknya, aksinya mengendap-endap sambil membawa pistol sempat dicurigai sebagai teroris. Belakangan diketahui, dia ternyata menembaki teroris.

AKBP Untung Sangaji sebenarnya bernama lengkap Ahmad Untung Surianata. Dia lahir di Waimital, Kairatu, Seram Bagian Barat, Maluku tahun 1966.

Untung Sangaji merupakan lulusan Sepa 1995 dan berpengalaman dalam bidang polair. 

Di Polri, Untung bertugas dari Sabang hingga Merauke. Dia pernah menjadi Kapolres Aceh Utara dan sejak 13 Oktober 2020 dipercaya menjadi Kapolres Merauke.

Selama bertugas di Merauke, AKBP Untung Sangaji bersama Densus 88 juga menangkap 11 teroris yang ingin mengacaukan wilayah Papua. Dia juga berhasil mengamankan Hari Raya Idul Fitri, Natal dan Tahun Baru 2021. Termasuk menjaga situasi kamtibmas saat HUT OPM.

Belum lama ini, dia menerima kunjungan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dan Menko Polhukam Mahfud MD saat kunjungan ke Papua, pada Selasa (14/9/2021). Rombongan ini datang meninjau Kabupaten Merauke yang menjadi salah satu arena lokasi PON XX Papua 2021.

Kedatangan mereka di daerah ujung Indonesia ini disambut AKBP Untung Sangaji di Bandara Mopah. Melihat bekas anak buahnya yang dibanggakan, Tito yang merupakan mantan Kapolri tampak semringah.

Dia langsung berdiri di belakang Untung Sangaji dan memijit pundak mantan anak buahnya tersebut dari belakang. Dia juga memuji Kapolres Marauke ini di hadapan Menko Polhukam. Momen ini diabadaikan dalam sebuah foto.

Kedua menteri ini kemudian memberi pesan khusus dan apresiasi kepada Kapolres terkait persiapan pelaksanaan PON di Papua. Khususnya Subda PON Merauke dan kesiapan Peresmian PLBN Sota oleh Presiden Oktober mendatang.

Dalam bertugas, Untung Sangaji juga dikenal sangat dekat dengan orang asli Papua (OAP). Dia mengajarkan home industri, cara menanam padi India dan kerap menggelar bakti sosial tanpa batas sehingga membuatnya disegani atas kinerjanya.

Editor : Donald Karouw

Bagikan Artikel: